Firefox OS Simulator: Cara Mudah Mencoba Firefox OS di Ubuntu

Beberapa bulan yang lalu saya pernah menulis artikel bagaimana mencoba Firefox OS di Ubuntu. Pada artikel tersebut, kita harus mengunduh source code, meng-compile dan sebagainya. Memang cukup sulit, terutama bagi yang belum pernah melakukan sebelumnya. Nah, oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info mengenai bagaimana cara mencoba Firefox OS di Ubuntu dengan cara yang sangat mudah. Perkenalkan Firefox OS Simulator!


Sebenarnya, tool ini ditujukan untuk para pengembang aplikasi untuk Firefox OS sehingga mereka dapat mencoba aplikasi yang mereka buat tanpa harus menggunakan perangkat asli yang memakai Firefox OS.

Apa itu Firefox OS?
Firefox OS intinya adalah sistem operasi untuk perangkat smartphone seperti Android, Windows Phone, BlackBerry OS, dan semacamnya. Yang menarik dari Firefox OS ini adalah target pasarnya  terhadap kelas menengah ke bawah. Smartphone dengan Firefox OS akan dibandrol dengan harga 1 jutaan. Kita tunggu saja kedatangan smartphone dengan Firefox OS di Indonesia. Nah, jika kalian penasaran bagaimana sih tampilan Firefox OS ini, silakan ikuti petunjuk di bawah untuk mencobanya.

Mencoba Firefox OS di Ubuntu
Firefox OS Simulator hadir sebagai Mozilla Firefox extension. Sehinnga, pastikan kalian sudah menginstal Mozilla Firefox sebelum menginstal Firefox OS Simulator. Buka aplikas Mozilla Firefox dan copy-paste tautan ini di address bar:
https://ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/labs/r2d2b2g/r2d2b2g-linux.xpi
Mozilla Firefox akan mengunduh dan menginstal ekstensi tersebut.

Harap tunggu karena file yang harus diunduh lumayan besar (sekitar 63MB). Untuk langkah selanjutnya sama dengan menginstal ekstensi Mozilla Firefox yang lain.

Setelah Firefox OS Simulator berhasil diinstal, silakan buka menu "Web Developer > Firefox OS Simulator".


Tab baru akan terbuka dan menampilkan "Dashboar" Firefox OS Simulator. Klik tombol yang berada di bawah label "Simulator" untuk menjalankan Firefox OS Simulator.


Informasi kepada developer
Jika kalian ingin informasi teknis mengenai Firefox OS Simulator ini, silakan kilik di sini.

Have fun ;)

3 comments :

Ade Malsasa Akbar mengatakan...

Terima kasih, Kang.

Damar Riyadi mengatakan...

Ok sama-sama gan :)

Nurohman Fitriyanto mengatakan...

kalo gak pake perangkat lain bisa gk tu?

Poskan Komentar