Download dan Install Google Web Font di Ubuntu

Hmmm, rasanya lama sekali saya tidak meng-update blog ini. Kuliah full 24 SKS plus kerjaan sebagai junior programmer di salah satu startup company di Yogyakarta membuat waktu luang rasanya sulit di dapat. Tetapi, alhamdulillaah pada kesempatan kali ini saya memiliki semangat dan waktu luang untuk menulis tulisan ringan di TahuTEK.net. Baiklah, pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas tentang aplikasi yang bernama TypeCatcher!


TypeCatcher adalah aplikasi sederhana yang berfungsi untuk melihat, mengunduh, dan menginstal font dari Google Font untuk digunakan secara offline. Kalian bisa bayangkan berapa banyak font yang bisa kalian pakai baik itu untuk dokumen di LibreOffice, gambar di GIMP, atau membuat vektor dengan Inkscape. Keren gan!


Mudah digunakan
TypeCatcher mempunyai tampilan yang mudah digunakan. Kalian bisa menginstal, menguninstal, serta melihat pratinjau dari font hanya dengan mengklik satu tombol di toolbar. Pada toolbar ini kalian juga bisa mengatur ukuran font, melakukan filtering font yang ingin ditampilkan, serta mengubah teks yang digunakan sebagai pratinjau.


Kalian juga bisa mengunduh font dari Google Font tanpa menginstalnya. Caranya klik menu "File > Save As" di menubar. Hal ini sangat berguna jika ingin memakai font tersebut di Windows, Mac, atau komputer lain.


Instal TypeCatcher di Ubuntu
Simpel! Ketik perintah berikut:
sudo add-apt-repository ppa:andrewsomething/typecatcher
sudo apt-get update
sudo apt-get install typecatcher
Setelah terinstal silakan bereksplorasi dengan TypeCatcher, jika ada pertanyaan atau tanggapan, silakan tulis komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat :)

0 comments :

Poskan Komentar