Mengapa Linux Lebih Aman dari Windows?

Sering kita mendengar bahwa Linux itu lebih aman dari Windows. Bahkan lebih spesifik lagi, Linux kebal virus atau semacamnya. Meskipun sekarang banyak antivirus gratis untuk Linux terutama Linux yang berjalan di desktop, sebenarnya hal itu tidak dibutuhkan. Mengapa? Semoga saja opini berikut ini bisa memberi sedikit penjelasan.


Virus di Linux Masih Sedikit
Sedikitnya virus di Linux merupakan alasan utama mengapa Linux lebih aman dari Windows. Hal ini membuat Linux lebih lebih kebal terhadap serangan virus jika dibandingkan dengan Windows. Sebagaimana kita ketahui bersama, aplikasi antivirus merupakan aplikasi wajib untuk Windows, sementara aplikasi antivirus belum dibutuhkan saat ini di Linux.

Mengapa Linux Lebih Aman
Selain virus di Linux masih sedikit, terdapat beberapa hal yang membuat Linux lebih aman daripada Windows:
  • Adanya fitur package manager dan repositori seperti Ubuntu. Aplikasi-aplikasi yang masuk di repositori Ubuntu sudah di-review dan diuji coba sebelum didistribusikan kepada pengguna. Hal ini menambah lapis keamanan Ubuntu. Distribusi Linux yang lain juga memiliki mekanisme package manager dan repositori masing-masing.
  • Karakter pengguna Linux. Kebanyakan pengguna Linux adalah orang-orang yang mempunyai pengetahuan tentang dunia komputer atau yang biasa disebut dengan "geek" . Seorang "geek" tidak akan mudah tertipu dengan aplikasi atau situs yang mencurigakan, mereka cenderung berhati-hati. Berbeda dengan pengguna Windows yang kebanyakan orang awam, mudah sekali "tertipu" dengan aplikasi dan situs web tertentu yang menyebarkan virus.
  • Fitur keamanan lain. Fitur yang sangat dijadikan andalan adalah adanya akses superuser atau akses "root" seperti perintah "sudo" di Ubuntu. Kebanyakan pengguna Linux hanya memiliki hak akses terbatas dan hanya menggunakan hak akses "root" jika diperlukan saja. Hal ini berbeda dengan Windows yang memberikan hampir semua hak akses untuk penggunanya, meskipun hal ini sudah diminimalisir dengan adanya UAC di Windows.

Bagaimana Mengamankan Diri dengan Linux
Sistem operasi sebagus apapun tetap bergantung pada penggunanya, termasuk Linux. Berikut beberapa tips yang perlu  dilakukan agar Linux tetap aman:
  • Pastikan sistem up-to-date. Aplikasi terbaru biasanya dirilis untuk menambahi fitur, menyesuaikan dengan kompatibilitas sistem, dan menutup celah-celah kemanan yang mungkin dimanfaatkan "orang jahat" untuk menyerang sistem.
  • Waspadai website palsu. Kejahatan ini tidak memandang sistem operasi, karena website palsu bisa mencuri username dan password. Anda tidak perlu menginstal aplikasi kemanan di Internet, karena versi terbaru dari Firefox dan Chrome (tersedia di Linux) sudah punya kemampuan untuk mengatasi ini. Namun sehebat apapun browser kalian, berhati-hati terhadap website palsu adalah tindakan yang bijaksana.
  • Jangan jalankan perintah console yang tidak terpercaya. Hal ini sangat penting karena satu perintah saja bisa berakibat fatal terhadap sistem Anda. Pastikan Anda mendapatkan suatu perintah Terminal dari sumber yang terpercaya.

11 comments :

Anonim mengatakan...

bang kalo kata tmn gw yg pake linux. virus windows gak bakalan masuk ke linux soalnya beda "bahasa" apa bener ?

Ade Malsasa Akbar mengatakan...

Saya sudah menunggu lama posting baru Kang Damar :) Salam buat Winanda, ya?


Tambahan: kenapa akang ndak bikin posting testimoni? Kalau saya, ada testimoni 8 tahun tidak kena virus. Kiranya itu akan lebih mengena ke masyarakat awam ;)

Damar Riyadi mengatakan...

Sori jarang update gan, susah banget nyari waktu luang :D Oh ya, salamnya nanti saya sampaikan :)

LinTekSi mengatakan...

Antivirus yg mantep buat linux apa mas ya?

Sendy Aditya Suryana mengatakan...

bisa pake clamav...

Aan Shared mengatakan...

makasih ilmunya gan..
sangat bermanfaat..

Damar Riyadi mengatakan...

Bisa dikatakan seperti itu gan. File binary-nya juga beda, file EXE tidak berjalan di Linux

Damar Riyadi mengatakan...

Linux belum butuh antivirus mas :D

Damar Riyadi mengatakan...

Sama-sama gan, semoga bermanfaat :)

Benyamin Limanto mengatakan...

Kalau gitu aku aja :)

elvaro mengatakan...

linux apa yg paling bagus untuk kerja kantoran gan?

Poskan Komentar