[Once Upon A Time Without X] Aplikasi-aplikasi yang Berbasis CLI

Sehubungan dengan postingan saya sebelumnya mengenai desktop yang bergaya hacker, maka sekarang saya membuat postingan yang berhubungan dengan itu yaitu software apa saja yang berbasis CLI (command-line) agar jika kita sedang berada di tempat umum kita seperti sedang meng-hack padahal kita sedang membuat e-mail atau membuka twitter :)

Sebelumnya juga sudah ada yang membuat postingan mengenai mengirim E-Mail via terminal, nah sekarang bukan hanya E-Mail namun aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di terminal atau CLI.

Web Browsing
Masalah terbesar dalam hidup tanpa X adalah web browsing. Anda akan terbatas pada browser teks, yang umumnya tidak mendukung CSS dan tidak bermain baik dengan AJAX. Kabar baiknya adalah, bahwa sebagian besar halaman web AJAX-berat sekarang memiliki versi mobile yang mengejutkan teks-browser ramah.

Ada beberapa browser teks di luar sana tapi saya akan merekomendasikan Elinks namun boleh dicoba juga Lynx.

Kenapa elinks? Karena mendukung frame dan tabel, menampilkan output warna-warni bagus, dan karya besar dengan mouse. Tentu saja Anda juga dapat menggunakan Lynx , Links , atau w3m tetapi dalam elinks pengalaman saya mengalahkan mereka semua tangan ke bawah. Berikut adalah bagaimana halaman saya terlihat di elinks:

Ada juga tampaknya menjadi browser framebuffer luar sana disebut Zen tapi sedikit tidak stabil tidak lagi dalam pengembangan aktif.

Email
Jika Anda adalah pengguna gmail seperti saya, Anda sedang beruntung. Google memiliki versi tanpa javascript antarmuka mereka yang benar-benar bekerja indah di elinks, namun ada aplikasi yang dihususkan untuk email yaitu Mutt.

Untuk konfigurasi IMAP cukup mudah, tambahkan beberapa kode di .muttrc sebagai berikut:
set folder="imaps://username@example.com"
set spoolfile="imaps://username@example.com/INBOX"
set imap_pass="mypassword"
set mbox="!"

Selanjutnya ada aplikasi untuk obrolan atau Chatting
Untuk aplikasi chat ini dalam hal tanpa X merupakan hal yang cukup mudah, bagi anda pengguna GTalk bisa menggunakan Freetalk atau bagi pengguna AIM bisa menggunkan Naim atau yang suka ber-IRC-ria bisa menggunakan IRSSI.

Membaca RSS
Jika Anda seperti saya, Anda berlangganan RSS feed cara untuk banyak. Sayangnya Google Reader atau Bloglines tidak dapat bekerja di elinks (atau dalam hal ini browser berbasis teks) sehingga kita harus bergantung pada klien lokal jika kita ingin bertahan hidup tanpa X. Saya sarankan Raggle.
Raggle
Raggle memiliki antarmuka yang bersih dan intuitif, cepat dan mengambil hampir tidak ada memori. Sempurna untuk hari tanpa X. Silakan, mengimpor file OPML Anda menggunakan saklar baris perintah, dan mencobanya. Anda juga dapat mencoba Newsbeuter .

Btw, bahwa daftar pakan di layar adalah default membuat Anda dapatkan setelah instalasi. Daftar feed saya adalah cara yang lebih besar.

Manajemen File
Bila Anda tidak browsing, chatting, membaca pakan atau menulis email Anda mungkin bergerak di sekitar file pada hard drive anda Midnight Commander akan membuat tugas ini lebih mudah dengan Norton Commander klasik seperti antarmuka.

*postingan ini saya dapat dari Terminally Incoherent dengan sedikit perubahan, untuk lebih lengkapnya kunjungi web sumber dari postingan ini, karena ada masih banyak aplikasi lain yang berbasis CLI, maaf saya tidak mencantumkan semua aplikasinya karena saya sekarang sedang dalam jam kuliah :)

6 comments :

newbieilmu mengatakan...

waduh keduluan padahal mau posting tentang ini juga ,hehe ,ada yang kurang gan,mungkin untuk mendengarkan musik bisa menggunakan moc (music on console) dan mungkin jga bisa main game via console CMIIW ...

Muhamad Fajar mengatakan...

oh iya lupa, kalo pemutar musik ane juga pake moc atau mocp, klo maen game di konsole belum nyoba tuh gan, bijimane tuh? hahaha

Rama Overclockerz mengatakan...

gan pas ane buka mutt kok ada peringatan bengini " /var/mail/matt-zilla: No such file or directory (errno = 2)" cara settingnya gimana ya ? thanks

Tommy mengatakan...

Mas. bisa jelaskan tentang Mutt secara rinci? soalnya saya memiliki masalah dalam configurasi Mutt,,, alias muttrc no-such file or dirrectoy, ,, ,, mohon penjelasannnya

Sendy Aditya Suryana mengatakan...

google translate.? kok berantakan gini...

sachlan shinoda mengatakan...

Mas, Muhammad Fajar. Maaf, mungkin komentar ini salah tempat (maklum newbie). Ane nge-praktekin tutorial Mas Fajar ttg merubah theme menjadi seperti tampilan Mattew Farrel di pilem DieHard4. Hasilnya sungguh sangat mengecewakan, system ane jadi acak-acakan.
Bagaimana cara Un-Install XFCE4 / XUBUNTU-desktop ??
Terimakasih, Mohon Pencerahan
ane pake NattyNarwhal

Poskan Komentar