Mencoba Firefox OS di Ubuntu

Jika sekarang kita mengenal sistem operasi smartphone "Android" yang dikembangkan oleh Google, beberapa tahun ke depan mungkin akan beredar smartphone dengan sistem operasi "Firefox OS" yang dikembangkan oleh Mozilla. Firefoex OS atau yang masih diberi nama kode "Boot to Gecko" ini merupakan OS untuk smartphone yang membawa visi menghadirkan Open Web sebagai platform untuk mobile device. Firefox OS akan memberi kemudahan untuk developer dalam membuat aplikasi, kustomisasi untuk penyedia layanan seluler, dan lain-lain. Yaah, mungkin bisa jadi alternatif OS smartphone bagi yang bosan ngoprek Android gan ;) Untuk informasi lebih lanjut mengenai Firefox OS, silakan klik di sini.


Mencoba Firefox OS di Ubuntu
Meskipun smartphone berbasis Firefox OS belum beredar, kita dapat mencobanya lebih awal. Ya, dari Ubuntu kita!

Mengunduh Firefox OS
Silakan unduh dahulu Firefox OS versi terbaru (latest build) di sini. Kalian akan menemukan banyak tautan di sana, pilih saja "b2g-17.0a1.en-US.linux-i686.tar.bz2" atau versi yang lebih baru.

Setelah proses unduh selesai, ekstrak file sehingga menghasilkan folder yang bernama "b2g". Nah, sekarang silakan buka Terminal dan masuk ke folder "b2g" tersebut, lalu ketik perintah berikut untuk mengunduh dan menginstal Gaia (emulator untuk Firefox OS):
git clone git://github.com/mozilla-b2g/gaia
make -C gaia profile
Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus mengunduh file sebanyak ratusan megabyteNah, setelah semuanya selesai, ketik perintah berikut untuk menjalankan Firefox OS:
./b2g -profile gaia/profile
Firefox OS masih dalam tahap pengembangan, jadi jangan berharap banyak dulu terhadap Firefox OS sekarang.

Berikut beberapa screenshot dari Firefox OS yang saya ambil:





via: Ubuntu Buzz!

7 comments :

Alam Bahri mengatakan...

Saya lebih penasaran dengan OS Tizen yang dikembangkan oleh beberapa vendor besar seperti Linux Foundation, Samsung, Intel, etc..kira-kira seperti apa ya persaingan OS buat Smartphone dimasa mendatang..!!

Damar Riyadi mengatakan...

Saya harap sih, semakin banyak persaingan, semakin banyak pilihan, kualitas semakin bagus dan harga lebih terjangkau tentunya ;)

Alam Bahri mengatakan...

setuju banget ama bos admin :)

Agus Susanto mengatakan...

Ubuntu juga lagi buat smartphone tuh gan

Muammal Hamidy mengatakan...

saya lebih tertarik dengan smartpone besutan ubuntu
kapankah ada di indonesia
atau sudah ada ???

Farhan Afnan Iskandar mengatakan...

bukan smartphone tapi kolaborasi android + ubuntu
masih butuh monitor buat akses ubuntu
smartphone linux yang populer :
android
symbian
wave
maemo/meego
firefox os

Muhamad Rizky Ananda mengatakan...

Buat Windows7 bisa gak?

Posting Komentar