Kisah Sukses BlackBerry Gemini 8520 di Ubuntu (Bagian 2 - Habis)

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya mengenai kisah sukses BlackBerry Gemini 8520 di Ubuntu. Sebelum saya melanjutkan tulisan ini, harap dicatat bahwa saya tidak bertanggung jawab atas kesalahan dan kerusakan yang kalian alami karena mengikuti petunjuk di artikel ini.

Baiklah, pada artikel ini saya akan mengulas tiga fitur LinBerry yaitu Contacts Manager, Applications Manager, dan menggunakan BlackBerry sebagai modem.
3. Contacts Manager
Kita mulai dengan yang pertama yaitu Contacts Manager.


Pada bagian Contacts Manager ini kita dapat melakukan operasi dasar pada data yaitu menambah, mengubah, dan menghapus. Untuk menambah kontak baru, sederhana saja, klik "Add Contact" sehingga kalian disajikan dengan formulir seperti gambar di bawah ini:


Mmm, kalian tidak harus mengisi semua, cukup yang diperlukan saja seperti nama, no HP, email, dan lain-lain. Kalian juga dapat mengedit kontak dengan cara sorot kontak yang ingin diedit, lalu klik "Edit contact" sedangkan untuk menghapus kontak, klik tombol "Delete contact".

4. Applications Manager
Di bagian ini, kalian dapat menginstal aplikasi dengan menggunakan file *.cod, "mengekstrak" aplikasi ke komputer, dan menghapus alias meng-uninstall aplikasi. Apa itu file *.cod? File *.cod bisa dihasilkan ketika kalian mengekstrak aplikasi ke komputer, silakan tanya Google untuk informasi lebih lanjut.


Mmm, dengan fitur ini, mungkin kita bisa membagi aplikasi yang terinstal di BlackBerry kita kepada orang lain tanpa harus mengunduh lagi. Caranya ekstrak aplikasi ke komputer, lalu bagikan file *.cod ke teman kita untuk diinstal via LinBerry. Mungkin lho gan, saya belum nyoba soalnya :D

5. Menggunakan BlackBerry sebagai Modem
Bagian ini merupakan bagian yang cukup menantang dan mungkin agak ribet. Ketika kalian pertama kali mengakses fitur ini, LinBerry akan meminta persetujuan untuk memverifikasi properti Internet di BlackBerry, klik saja "Proceed" untuk menyetujuinya. Setelah BlackBerry berhasil melakukan verifikasi, kalian diminta untuk me-restart BlackBerry.


Silakan klik "Restart my blackberry" untuk me-restart BlackBery. Ketika BlackBerry melakukan restart, cabut kabel USB dan tunggu sampai proses restart selesai. Nah, ketika sudah selesai, colokkan lagi ke USB, lalu klik "My BlackBerry has restarted ... continue" di Linberry.


Nah, jika semuanya berjalan dengan lancar, kalian langsung dihadapkan dengan jendela seperti gambar di bawah ini:


Kalian harus mengatur terlebih dahulu APN agar bisa terhubung ke Internet, caranya klik "APN Config" sehingga muncul jendela seperti gambar di bawah ini:


Sayangnya, LinBerry belum menyediakan setingan untuk operator seluler di Indonesia. Jadi, silakan pilih "Perfil_Manual" dan isi setingan yang dibutuhkan secara manual. Silakan hubungi operator kalian untuk mendapatkan informasi megenai APN, username, dan password untuk koneksi ke Internet.

Nah, setelah APN terisi dengan benar, klik "Accept" lalu "Connect" untuk menggunakan BlackBerry sebagai modem.

Penutup
LinBerry merupakan aplikasi yang cukup bagus yang notabene masih dalam tahap beta, fitur-fitur yang dibawa LinBerry sudah dapat berfungsi dengan baik, terutama di BlackBerry Gemini 8520 yang saya pakai untuk percobaan, meskipun masih banyak kekurangan terutama di masalah bahasa yang masih campur aduk :D, tapi hal ini bisa ditolerir ;) Tentunya kita berharap LinBerry menambahkan fitur-fitur layaknya phone manager lain, seperti mengirim pesan, me-manage kalender, bahkan melakukan chat BlackBerry Messenger lewat komputer. Wow! Keren pastinya.

0 comments :

Poskan Komentar