Kisah Sukses BlackBerry Gemini 8520 di Ubuntu (Bagian 1)

Beberapa bulan yang lalu saya pernah menulis artikel mengenai LinBerry yaitu aplikasi mirip BlackBerry Desktop Manager di Linux. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kisah sukses menghubungkan BlackBerry Gemini 8520 di Ubuntu dengan bantuan LinBerry.


Instalasi
Untuk petunjuk instalasi LinBerry silakan baca artikel saya sebelumnya.

Menghubungkan BlackBerry dengan LinBerry
Agar BlackBerry dapat terhubung dengan LinBerry, pastikan kalian mematikan password di BlackBerry karena LinBerry belum mendukung password. Cara buka menu "BlackBerry > Options > Password" lalu non aktifkan password seperti gambar di bawah ini:


Nah, silakan buka LinBerry, kalian akan diminta untuk menghubungkan perangkat BlackBerry ke colokan USB.


Ketika muncul pesan "Do you want to turn on Mass Storage Mode?" pilih "No". Selamat, kalian telah berhasil menghubungkan BlackBerry ke Ubuntu!

Fitur-Fitur Utama LinBerry
Pada versi Beta 2 ini, Linberry mempunyai lima fitur utama yaitu:
1. Mem-backup konten
Pilih menu "Backup Contents" sehingga kalian disuguhi dengan menu seperti gambar di bawah ini:


Tentukan lokasi penyimpanan backup pada isian "Backup to", pilih konten yang ingin di-backup lalu tekan "Start Backup" dan biarkan LinBerry melakukan sisanya. Setelah proses backup selesai, sebuah file dengan ekstensi tar.gz akan muncul di lokasi penyimpanan. File ini nantinya dapat kita restore lewat LinBerry.

2. Me-restore konten
Jika kalian sudah pernah melakukan backup sebelumnya, kalian bisa melakukan restore atas file backup yang telah dibuat. Caranya pilih menu "Restore Contents" sehingga muncul jendela seperti gambar di bawah ini:


Pilih file hasil backup (berekstensi tar.gz) lalu tekan tombol "Proceed with restore", tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

Pada bagian selanjutnya, kita akan mengulas tiga fitur LinBerry yang lain yaitu Contact Management, Applications Management, serta menggunakan BlackBerry sebagai modem.

Tunggu artikel berikutnya :)

2 comments :

Muammal Hamidy mengatakan...

bagian dua nya kapan omm.....

Damar Riyadi mengatakan...

Cek dimari gan:
http://www.tahutek.net/2012/07/kisah-sukses-blackberry-gemini-8520-di_13.html

Poskan Komentar