[Ubuntu] Instal Sun Java 6 di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot via PPA

Teman-teman (terutama programmer atau pengguna aplikasi berbasis Java) mungkin pernah mendengar berita bahwa Ubuntu akan menghapus Sun Java 6 dari repository bahkan akan meng-uninstall Sun Java 6 ketika pengguna melakukan update. Sebentar gan, saya ketinggalan berita nih! OK, berikut sedikit headline-nya:
  • Pada tanggal 24 Agustus 2011, Canonical tidak lagi mengantongi ijin untuk mendistribusikan ulang Java karena Oracle telah mencabut ijin "Operating System Distributor License for Java".
  • Oracle telah menghimbau bahwa ada masalah keamanan pada versi Java yang ada di repository partner.
  • Karena adanya masalah keamanan tersebut, Canonical merilis update keamanan yang akan mematikan plugin Sun JDK di web browser.
  • Canonical akan menghapus semua paket Sun JDK di repository serta menguninstal paket Sun JDK di komputer pengguna. Hal ini dilakukan dengan mengunggah paket "kosong" sehingga ketika pengguna melakukan update maka Sun JDK otomatis akan terhapus.


OK! Kembali ke masalah utama, sebenarnya kalian bisa menggunakan OpenJDK sebagai alternatif, tapi jika karena suatu hal kalian tidak suka menggunakan "alternatif", silakan instal Sun Java 6 dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
sudo add-apt-repository ppa:flexiondotorg/java
sudo apt-get update
sudo apt-get install sun-java6-jre sun-java6-jdk sun-java6-plugin
PPA di atas memuat paket untuk Ubuntu Lucid sampai Ubuntu Precise!

Semoga bermanfaat.

2 comments :

Maulana Isa Danang mengatakan...

brother untuk "sudo apt-add-repository ppa:flexiondotorg/java" 
bukannya     "sudo add-apt-repository ppa:flexiondotorg/java"

Damar Riyadi mengatakan...

Artikel sudah saya perbarui, terima kasih atas koreksinya :)

Posting Komentar