[Ubuntu] Seting Dual Monitor di XFCE (Xubuntu)

Hai teman-teman, akhir-akhir ini saya pindah ke XFCE (Xubuntu) karena merasa lebih nyaman coding untuk mengerjakan tugas kuliah maupun proyek kecil-kecil untuk mencari sesuap nasi :D Baiklah, tidak perlu menjelek-jelekkan desktop environment lain, langsung saja pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana mengatur dual monitor di XFCE. Sebelum dimulai, silakan lihat dulu penampakannya (maaf gambarnya jelek, saya bukan fotografer gan).


Baiklah, kasus yang akan kita selesaikan hari ini adalah:
Saya mempunyai laptop dengan resolusi layar 1280x800 dan satu monitor LCD dengan resolusi 1366x768. Nah, saya ingin menaruh monitor LCD di sebelah kanan laptop (seperti nampak pada gambar di atas) sehingga nantinya kedua monitor tersebut seakan "bersambung" menjadi satu. Bagaimana mengaturnya?

Caranya mudah, silakan buka "Applications Menu > Settings > Settings Editor" (lihat gambar di bawah).


Jendela "Settings Editor" akan terbuka, silakan menuju ke "display > Default > VGA1 (mungkin beda dari punyamu) > Position", kemudian klik ganda ada item "X" dan masukkan angka yang sesuai dengan resolusi kalian pada bagian "Value".


Karena kasus ini menggunakan layar utama (laptop) dengan resolusi 1280x800, maka kita memasukkan angka 1280 (lebar layar). Jangan lupa untuk klik "Save" lalu periksa perubahan yang kalian lakukan.


OK! Jika semua berjalan dengan lancar silakan logout, colokkan kabel VGA monitor ke PC atau Laptop, lalu login kembali untuk melihat hasilnya.

Semoga bermanfaat.

0 comments :

Poskan Komentar