[Ubuntu] Panduan Menginstal Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 13 Oktober 2011 atau sekitar 5 hari. Oleh sebab itu, pada kesempatan minggu pagi yang ceria ini saya ingin menulis mengenai panduan menginstal Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot. Artikel ini ditujukan terutama bagi para pemula yang masih kebingungan ketika menginstal Ubuntu terutama yang menyangkut masalah partisi. Jika teman-teman sudah pernah menginstal Ubuntu sebelumnya, jangan khawatir karena instalasi Ubuntu Oneiric tidak jauh berbeda dari Ubuntu Natty. Silakan menyimak!


Baiklah, silakan nyalakan komputer dan booting lewat Live CD Ubuntu dan tunggu sampai jendela seperti gambar di atas muncul. Jika kalian ingin mencoba Ubuntu terlebih dahulu silakan klik "Try Ubuntu", namun jika kalian ingin menginstal Ubuntu, harap klik "Install Ubuntu" sehingga gambar seperti di bawah ini muncul.


Ubuntu akan mengecek apakah komputer kalian siap diinstali Ubuntu, pastikan kalian menyiapkan ruangan hard disk minimal 4.4 GB dan jika kalian menggunakan laptop, pastikan kabel power terhubung di laptop. Klik "Continue" untuk melanjutkan instalasi.


Sekarang saatnya mengatur partisi, jika kalian ingin menghapus seluruh isi hard disk kemudian "mengisi"-nya dengan Ubuntu, silakan pilih opsi pertama, tapi jika kalian ingin mengatur sendiri partisi yang digunakan, silakan pilih opsi nomor dua yaitu "Something else". Ini merupakan bagian yang membingungkan untuk pemula. Untungnya saya sudah membuat artikel yang lengkap mengenai membuat partisi untuk instalasi Ubuntu, bagian satu membahas bagaimana membuat partisi untuk hard disk yang masih kosong, sedangkan bagian kedua membahas bagaimana membuat partisi untuk hard disk yang sudah ada sistem operasi Windows di dalamnya. Silakan merujuk ke kedua artikel tersebut untuk penjelasan lebih lanjut.


Setelah kalian selesai mengatur partisi, klik "Install Now" untuk memulai proses instalasi yang sebenarnya.




Sembari menunggu proses instalasi yang sedang berjalan, kalian diminta untuk memasukkan informasi mengenai lokasi (time zone), layout papan ketik, dan username serta password untuk login ke Ubuntu. Jika semuanya sudah selesai, silakan duduk manis sambil ngemil untuk menunggu proses instalasi selesai.


Proses instalasi biasanya berlangsung 15 - 30 menit tergantung kecepatan komputer kalian.

Semoga bermanfaat.

16 comments :

assabiil mengatakan...

izin share Gan ....

hok00age mengatakan...

@assabiil: Silakan gan jangan lupa sertakan URL sumber :D

heru mengatakan...

Masih make Unity Interface ya?! Ane tetep di Lucid lah gan... ^^

hok00age mengatakan...

@heru: Masih gan, dan kayaknya gak ada modus fallback kayak natty, tapi perlu adaptasi soalnya ubuntu LTS tahun depan kemungkinan besar pakai Unity juga

Anonim mengatakan...

gan bisa kasih link buat donlot ubuntu 11.10?

hok00age mengatakan...

@Anonim: Bentar lagi rilis gan:
http://www.ubuntu.com/download/ubuntu/download

d0n mengatakan...

nunggu yg LTS aj lah Om.
yg LTS jadwalny kpn yah rilisny...?

Anonim mengatakan...

laptop sy dh da maverick klo mau fresh install ke oneiric biar data2 ga ilang caranya gimana gan??? tq

hok00age mengatakan...

@d0n: Masih tahun 2012 gan (6 bulan lagi) :D
@Anonim: Data-data yang ada di folder Home kan? Jika Anda memiliki partisi Home yang terpisah dari partisi root, insyaAlloh bisa. Ketika instal, atur mount point partisi home ke partisi "home" yang sudah ada tapi jangan di format.

rifq mengatakan...

dilanda kegalauan... upgrade ubuntu ato tetep stay di natty..
ah, nungguin yang versi LTS aja dah :D

franzz ftikom mengatakan...

sis vga untuk axioo mnc pa yaa ,,

hok00age mengatakan...

@franzz:

http://www.tahutek.net/2011/06/ubuntu-driver-untuk-kartu-grafis-vga.html

fstarstar007 mengatakan...

Ijin Share gan...

phiaa mengatakan...

Data-data yang ada di folder Home kan? Jika Anda memiliki partisi Home yang terpisah dari partisi root, insyaAlloh bisa. Ketika instal, atur mount point partisi home ke partisi "home" yang sudah ada tapi jangan di format.


tolong di bikin tutorialnya gan ane kurang paham masih newbie nih ???

Anonim mengatakan...

OM, Kalo netbook acer one 722, yg spek nya amd c50, vga hd6250, 11,6 inch, itu bisa install ubuntu 11.10 atau backtrack gak ya ??

kevin radikal mengatakan...

Hmm kalau kita pilih "something else" apakah windows yg kita install dahulunya akan di gantikan dengan installan ubuntu?
dalam kata lain.. windows kita lenyap begitu saja di gantikan oleh ubuntu?

tolong di balas.. add my YM : radikal_kevin@yahoo.co.id
thx..
17 / Nov / 2011

Poskan Komentar