[Ubuntu] Memindah Unity 3D Launcher ke Bawah

Jika kalian bosan dengan tampilan Unity yang mempunyai launcher di sebelah kiri dan nyaris tidak dapat dipindah-pindah, maka kini kalian dapat sedikit merasa senang karena ada plugin untuk Compiz yang dapat memindah launcher tersebut ke bawah. Penasaran? Silakan lihat penampakannya.


Baiklah, jika kalian tertarik untuk melakukannya, silakan instal plugin yang saya maksud dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
sudo add-apt-repository ppa:paullo612/unityshell-rotated
sudo apt-get update
sudo apt-get install unityshell-rotated libnux-1.0-0 compizconfig-settings-manager
Setelah plugin terinstal, buka CCSM alias CompizConfig Settings Manager kemudian pilih bagian "Desktop", hilangan centang pada "Ubuntu Unity Plugin" dan beri centang pada "Ubuntu Unity Plugin Rotated".


Ketika kalian mengaktifkan alias mencentang plugin "Ubuntu Unity Plugin Rotated", kalian akan mendapatkan pesan "konflik" dengan plugin lain. Jangan panik, pilih saja "Resolve conflict" serta "Disable Flip Down" dan "Disable Run Dialog". Jika semuanya berjalan dengan lancar, seharusnya Unity 3D Launcher sudah berpindah ke bawah. Namun, jika belum berpindah, silakan restart komputer kalian .

Cara mengembalikannya gimana gan?
Gampang, hilangkan centang pada "Ubuntu Unity Plugin Rotated" dan centang "Ubuntu Unity Plugin"

Cara meng-uninstall-nya gimana gan?
Jika kalian ingin menghapus alias meng-uninstall plugin "Ubuntu Unity Plugin Rotated", cukup ketik perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install ppa-purge
sudo ppa-purge ppa:paullo612/unityshell-rotated
sudo apt-get remove unityshell-rotated

Perhatian: Gunakan trik ini dengan resiko kalian tanggung sendiri, saya tidak bertanggung jawab jika hal buruk menimpa kalian :D

3 comments :

Rhosy mengatakan...

keReNz Gan ..
thaNks f0r thIs info ..

dodo mengatakan...

ubuntu with unity anjing

Anonim mengatakan...

tampilan Gnome Classic ku malah ilang setelah pindah ke Unity gan ... padahal dah Logout trus pilih Gnome Classic. Tapi ttp gk mau

Posting Komentar