[Ubuntu] Cara Mengubah Tema Ikon di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot sebentar lagi akan dirilis, saya sudah mencoba versi beta dari distribusi ini dan hasilnya cukup memuaskan, namun ada satu hal yang membuat saya kurang nyaman yaitu tidak adanya "Appearance Properties" untuk mengubah tema ikon (saya penggema Faenza :p). Untungnya ada dconf-editor yang dapat menjadi alternatif untuk melakukan hal tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi info kepada teman-teman mengenai bagaimana mengganti tema ikon di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot dengan menggunakan dconf-editor.


Kalian perlu menginstal dconf-editor terlebih dahulu dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install dconf-tools
Setelah terinstal, buka dconf-editor dengan mengetik perintah "dconf-editor" di Terminal atau jendela "Run" kemudian menuju ke org -> gnome -> desktop -> interfac, kemudian isikan nama tema ikon yang kalian inginkan pada bagian "icon-theme" (lihat gambar di atas untuk lebih jelasnya).

Jika kalian tidak tahu persis nama tema ikon yang akan digunakan, silakan lihat di dalam folder "/usr/share/icons" atau "/home/user/.icons"

"Hari ini full day school. Semangat!"

4 comments :

damar mengatakan...

icon yg qt buat harus d letakkan d folder icons dulu yach ?

hok00age mengatakan...

@damar: iya gan

Damar mengatakan...

klw bwt copy icon k /usr/share/icons gmna gan ? sxlan k yang /backgrounds ^^ ane pernah copy image ke /backgrounds tapi pas di cek malah rusak image'y

coro mengatakan...

lanjut

Poskan Komentar