[Ubuntu] Trik: Menambahkan Aplikasi Startup ke Semua User

Ubuntu/Linux merupakan sistem operasi yang mendukung banyak user sekaligus dalam satu komputer. Semua file dan konfigurasi dari setiap user tidak akan berpengaruh pada user yang lain. Termasuk ketika kita menambahkan startup application alias aplikasi yang dijalankan secara otomatis ketika user melakukan login. Terkadang, sebagai "admin", kita ingin menambahkan startup application untuk semua user. Ambillah contoh aplikasi Pidgin (aplikasi chatting), sebenarnya bisa saja kita menambahkan aplikasi tersebut satu per satu ke setiap user yang "terdaftar" di komputer, tapi hal ini sangat merepotkan. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberi trik bagaimana menambahkan startup application untuk semua user.

Trik ini sebenarnya sangat mudah, mari kita buktikan dengan Pidgin sebagai contohnya. Misal kita ingin Pidgin berjalan otomatis ketika user melakukan login ke akunnya masing-masing. Maka kalian harus mengetik perintah berikut di Terminal:
sudo cp /usr/share/applications/pidgin.desktop /etc/xdg/autostart
Tentu saja, kalian dapat mengganti "pidgin.desktop" dengan aplikasi yang kalian kehendaki.

Jika ingin "mengusir" Pidgin dari startup application, cukup ketik perintah berikut:
sudo rm /etc/xdg/autostart/pidgin.desktop
Mudah bukan? Ya, Ubuntu memang mudah dan menyenangkan!

Semoga bermanfaat.

2 comments :

Tablet Computer mengatakan...

Asik banget mas blognya, keren. Oiya, sekalian q mo nanya nich. Q kan newbie nich dlm linux ubuntu, trus beberapa hari ini selalu muncul notifikasi kalo program q out of date, lah tapi waktu langsung check instal selalu gagal. Kenapa tu mas?

hok00age mengatakan...

@tablet computer: Terima kasih atas apreasiasinya.
Menanggapi pesan error:
Ubuntu yang dipakai versi berapa? Pesan gagalnya apa? Bisa kasih screenshot?

Poskan Komentar