[Ubuntu] Instal Google Chrome 14 di Ubuntu

Pada libur lebaran kemarin, saya melakukan pengecekan cross browser compatibility di TahuTEK.net. Saya mencoba tiga browser yaitu Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera, hasilnya ternyata desain yang saya terapkan tidak muncul seperti yang diinginkan ketika memakai Google Chrome dan Opera (awalnya saya hanya mengujinya di Firefox). Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk mengedit ulang kode CSS (dan lain-lain) pada TahuTEK.net agar tampak "keren" di ketiga browser tersebut. Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar dan tanpa disangka-sangka saya mulai tertarik menggunakan Google Chrome dan mulai meninggalkan Firefox. Nah, pada kesempatan akhir pekan ini, saya ingin berbagi info mengenai cara menginstal Google Chrome 14 di Ubuntu. Bukan tutorial yang "berat", tapi saya hanya ingin memintah pendapat teman-teman mengenai desain TahuTEK.net jika dilihat dari Google Chrome.


Menginstal Google Chrome 14 di Ubuntu merupakan pekerjaan yang mudah, Anda cukup pergi ke halaman ini, kemudian pilih distribusi Linux yang sesuai (dalam kasus ini adalah Ubuntu):


Setelah memilih distribusi yang sesuai, klik "Setuju, lalu instal" untuk mengunduh Google Chrome. Setelah file selesai diunduh, klik ganda pada file atau ketik perintah berikut untuk menginstal Google Chrome:
sudo dpkg -i google-chrome-stable_current_i386.deb
Google Chrome secara otomatis akan menambahkan repository Google ke dalamm sistem, jadi kalian akan mendapatkan versi Google Chrome terbaru (jika ada) ketika melakukan update sistem.

"Jadikan internet seluas kreasimu :p"

10 comments :

Meshwara mengatakan...

Saya termasuk salah satu yang kesemsem dengan Google Chrome mulai dari awal peluncurannya, terutama karena UI nya yang simple.
Melihat perkembangan Google Chrome saat ini, firefox (mungkin juga dengan browser-browser yang lain) patut waspada.
Sampai saat ini saya masih selalu update Google Chrome sesuai dengan artikel Bang hok00age. Sayangnya setahu saya, paket google-chrome-stable saat ini sudah tidak bisa berjalan di semua versi ubuntu. Paket itu kemungkinan besar tidak dapat diinstall pada ubuntu Hardy, Jaunty.

NB.
Salah satu fitur unggulan dari Google Chrome adalah kemampuannya dalam sync data, terutama extensions. Tinggal setting Personal Stuff, voilla, extensions anda akan otomatis terinstall dimanapun device anda berada (PC, Notebook, NetBook, ChromeBook )

Anonim mengatakan...

maaf kalau oot, google chrome beda ya ama chromium???

hok00age mengatakan...

@Anonim: Google Chrome: Proyek yang dikerjakan oleh Google, kalau rilis berarti dirilis oleh Google
Chromium: Proyek open source yang "berdasar" pada Google Chrome, dikerjakan oleh komunitas dan dirilis oleh komunitas.

Jika Anda ingin browser yang stabil gunakan Google Chrome Stable, jika Anda suka bereksperimen dan biasa menghadapi bug silakan gunakan Chromium.

:CMIIW

abdiman mengatakan...

konon ada yang bilang, chromium-browser lebih aman. karena kode2 yang berfungsi mengumpulkan data user demi kepentingan google sudah dibuang. beda dengan google-chrome yang masih bikinan google murni. betul ndak om?

mbahlukman mengatakan...

= aku kok masih seneng make chromium ya ...
= TahuTek.net di chromium kok yo aman-aman wae ..

hok00age mengatakan...

@abdiman: I think so, dengan Chromium privasi lebih terjaga
@mbahlukman: Iya mbah, desain tahutek sudah dan senantiasa akan saya perbaiki (sekalian untuk portofolio :D)

Anonim mengatakan...

Kok di tempat saya ngak bisa yah?? :(
Malah keluar tulisan gini:

dpkg: error processing google-chrome-stable_current_i386.deb (--install):
cannot access archive: No such file or directory
Errors were encountered while processing:
google-chrome-stable_current_i386.deb


hiks :'(

hok00age mengatakan...

@Anonim: Kalau dilihat dari pesan errornya:

"cannot access archive: No such file or directory"

Berarti file tidak ketemu, pastikan file *.deb GOogle Chrome berada pada direktori kerja Terminal

jaberism mengatakan...

filenya rusak gan

safrul mengatakan...

saya mencoba menggunakan chromium,saat menggunakan mesin pencari,saat klik kanan pada web yang ingin di buka(maunya open in new tab),jendela pilihan muncul,saat klik kanan di lepas,jendela pilihan hilang,itu kenapa ya,mohon di bantu senior...

Poskan Komentar