[Ubuntu] Trik: Mengubah Man Page Menjadi File PDF

Akhirnya setelah beberapa hari disibukkan dengan tugas-tugas kuliah, pada hari ini saya diberi waktu untuk meng-update blog kecil saya ini. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi trik Ubuntu bagaimana mengubah man page menjadi file berformat PDF. Man page adalah halaman "panduan" dari sebuah perintah di Linux yang biasanya bisa dibuka dengan mengetik "man nama_perintah", misal jika kita ingin melihat man page dari perintah "chown" maka perintah yang diketik adalah "man chown". Dengan mengubah man page menjadi file PDF, tentu saja akan mempermudah kita dalam membaca dan mendistribusikannya karena file PDF merupakan format file yang cukup universal.


Untuk dapat mengubah man page menjadi file PDF, kita perlu menginstal paket "ghostscript" dengan mengetik perintah di bawah ini:
sudo apt-get install ghostscript
Kemudian, untuk mengubah man page menjadi file PDF, ketik perintah berikut di Terminal:
man -t nama_perintah | pdf2ps - nama_file.pdf
Ganti "nama_perintah" dengan perintah yang ingin diubah man page-nya menjadi PDF, sedangkan "nama_file.pdf" bisa diganti sesuai selera asalkan berekstensi PDF. Sebagai contoh, jika kita ingin mengubah man page dari perintah "chown", maka perintah yang diketik adalah sebagai berikut:
man -t chown | pdf2ps - chown.pdf
File PDF yang dihasilkan akan disimpan pada direktori kerja Terminal saat mengeksekusi perintah di atas.

Sumber: Kaskus

0 comments :

Poskan Komentar