[Ubuntu] ComplexShutdown: EasyShutdown dengan Penambahan Banyak Fitur

Kemarin, TahuTEK.net pernah menulis artikel mengenai EasyShutdown yaitu sebuah aplikasi timer untuk mematikan komputer. Pada artikel ini saya ingin berbagi info mengenai "kakak" dari EasyShutdown, perkenalkan ComplexShutdown!!.


Sebagaimana yang bisa teman-teman lihat pada gambar di atas, selain mematikan komputer ComplexShutdown juga bisa melakukan standby, restart, Standby, hibernate bahkan kita bisa mengeksekusi perintah yang kita definisikan sendiri. Selain itu pengaturan timer-nya pun lebih variatif jika dibandingkan EasyShutdown.

Untuk menginstal ComplexShutdown, kalian harus mengunduh terlebih dahulu file *.deb yang bisa didapatkan di sini (pilih sesuai arsitektur komputer kalian). Setelah proses download selesai, ketik perintah berikut untuk menginstal ComplexShutdown:
sudo dpkg -i complexshutdown_0.3_i386.deb
Ganti "complexshutdown_0.3_i386.deb" dengan nama file yang barusan kalian download. Setelah proses instalasi selesai, ComplexShutdown bisa diakses dengan mengklik menu "Applications > Accessories > ComplexShutdown".

Selamat mencoba.

5 comments :

Rezzafr33 mengatakan...

Info yang bagus mas, tapi saya ada masalah waktu shutdown/restart pada ubuntu lucid, bukannya langsung shutdown/restart tapi cuma log off, kira-kira kenapa ya. Sistem saya udah kecampuran macem2 aplikasi dari ppa..

hok00age mengatakan...

@Rezzafr33: Saya sarankan laporkan langsung masalah ini ke developernya, siapa tahu itu adalah bug dari aplikasinya:

https://bugs.launchpad.net/complexshutdown/+filebug

pingsut mengatakan...

wah keren gan, bisa buat mengganti gshutdown nih...
thanks infonya

zarkasichan mengatakan...

wah.,patut dicoba juga nih bro :D
terima kasih

hok00age mengatakan...

@pingsut dan zarkasichan: sama-sama gan, semoga bermanfaat ...

Poskan Komentar