[Ubuntu] Tutorial: Instal Joomla! Content Management System (CMS) di Ubuntu

Joomla! adalah Content Management System (CMS) yang gratis, open source yang telah dipakai sebanyak 2,7% dari website di seluruh dunia. Dengan memakai Joomla! kita bisa membuat, mengatur, dan memelihara website berkelas profesional dengan mudah tanpa harus tahu banyak tentang web programming.


Kalian harus menginstal terlebih dahulu LAMP Server untuk dapat menginstal dan menggunakan Joomla!, klik di sini untuk panduannya. Setelah instalasi LAMP Server selesai, download versi terbaru dari Joomla! di sini. Selagi menunggu proses download, ketik perintah berikut di Terminal:
sudo mkdir /var/www/joomla
Perintah di atas akan membuat direktori baru bernama "joomla" di dalam "/var/www/". Kalian bisa mengubah "joomla" sesuai selera. Ekstrak file yang tadi diunduh, masuk ke dalam folder hasil ekstraksi dan copy semua file yang ada di dalam folder tersebut ke "/var/www/joomla" (dibutuhkan perijinan root untuk melakukan ini).


Untuk mempermudah proses pengkopian, kalian bisa menggunakan perintah "sudo nautilus" lalu masuk ke folder hasil ekstraksi file Joomla! kemudian copy semua file ke folder "/var/www/joomla".


Mengatur Perizinan
Setelah semua file di-copy, kalian harus mengatur perizinan dari file-file tersebut agar bisa digunakan oleh pengguna biasa, ketik perintah berikut untuk melakukannya:
sudo chown -R www-data:www-data /var/www/joomla

Pengaturan PHP
File konfigurasi PHP harus diatur sedemikian rupa agar Joomla! dapat bekerja dengan baik. Buka Terminal dan ketik:
cd /etc/php5/apache2/
sudo gedit php.ini
Jendela Gedit akan terbuka dan menampilkan file "php.ini". Cari frase "output_buffering" dan ubah nilainya menjadi "off" (lihat gambar di bawah):


Instalasi
Buka web browser kemudian ketik "localhost/joomla" di address bar. Kalian akan dihadapkan dengan wizard instalasi.


Pilih bahasa yang kalian kehendaki kemudian klik "Next" untuk melanjut.


Halaman ini memberi tahu kalian tentang konfigurasi yang ada di sistem apakah sudah optimal atau belum. Jika semuanya sudah optimal klik "Next" untuk melanjut (jika belum ada baiknya kalian tanya pada Om Google :P).

Selanjutnya, kalian akan dihadapkan dengan halaman lisensi, klik saja "Next" untuk melanjut ke tahap berikutnya.


Biarkan isian "Host Name" tetap pada keadaan default, "username" biasanya diisi dengan "root" sedangkan "password" isi dengan password kalian waktu menginstal MySQL (via LAMP Server), "Database Name" isi sesuai selera kalian, sedangkan untuk isian lain tinggalkan dalam keadaan default. Jika semua telah diisi, klik "Next" untuk melanjut.

Selanjutnya, kalian diminta untuk melakukan konfigurasi terhadap FTP, langkahi saja tahap ini dengan mengklik "Next".


Kalian akan diminta untuk mengisikan informasi tentang website dan admin, isi sesuai selera dan keadaan kalian masing-masing. Klik "Next" untuk melanjut.


Proses instalasi selesai, hal terakhir yang harus kalian lakukan adalah menghapus folder "installation". Klik pada tombol "Remove installation folder".


Nah, instalasi Joomla! telah selesai, klik "Site" untuk melihat website baru kalian (masih kosong :P) atau klik "Administrator" untuk mengatur website kalian seperti mengubah template, menulis artikel, dan lain-lain.

0 comments :

Poskan Komentar