[Ubuntu] Trik: Ubah Splash Screen LibreOffice

LibreOffice adalah proyek cabang dari OpenOffice yang dikembangkan oleh komunitas. Isu yang beredar di kalangan pengguna Ubuntu, LibreOffice akan dijadikan aplikasi default untuk Office Productivity di rilis Ubuntu mendatang yaitu Ubuntu 11.04 Natty Narwhal. Pada hari Ahad yang cerah ini, saya ingin berbagi info ringan mengenai cara mengubah splash screen LibreOffice dengan menggunakan tema buatan Ivan Kasenkov @gnome-look.org.


Pertama kali, kalian harus mengunduh tema yang akan digunakan. Sebagaimana disebutkan di atas, kita akan menggunakan tema buatan Ivan Kasenkov, klik di sini untuk mengunduh.

Setelah proses download selesai, ekstrak file yang barusan diunduh. Buka Terminal dan masuk ke folder hasil ekstraksi (misal) dengan perintah berikut:
cd 140076-libreoffice_splash
Salin file "intro.png" dan "about.png" ke "/usr/lib/libreoffice/program" dengan perintah berikut:
sudo cp about.png intro.png /usr/lib/libreoffice/program/
Selanjutnya kita harus mengedit file "sofficerc" yang terletak di "/etc/libreoffice". Ketik perintah berikut untuk melakukan pengeditan:
sudo gedit /etc/libreoffice/sofficerc
Jendela Gedit akan terbuka dan menampilkan isi file "sofficerc". Edit sedemikian rupa sehingga menjadi seperti di bawah ini:
[Bootstrap]
HideEula=1
Logo=1
NativeProgress=true
ProgressBarColor=78,158,1
ProgressFrameColor=45,45,45
ProgressPosition=60,277
ProgressSize=320,6
Pengeditan di atas bertujuan untuk mengatur warna dan posisi dari progress bar. Jangan lupa simpan perubahan yang dilakukan dan tutup jendela Gedit.

Modifikasi selesai, buka LibreOffice dan rasakan bedanya :)

2 comments :

s0p14n mengatakan...

cool you brow....ane selalu ngikutin artikel2 di tahutek nech

Imam A H mengatakan...

Siippp, ada yang lain nda nih ?? tema nya

Poskan Komentar