[Ubuntu] Ganti Wallpaper Secara Otomatis dengan DesktopNova

TahuTEK.net pernah menulis artikel tentang Crebs, aplikasi untuk membuat "wallpaper slideshow" di Ubuntu. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info kepada teman-teman mengenai DesktopNova, aplikasi untuk mengganti wallpaper secara otomatis. DesktopNova berbeda dengan Crebs, DesktopNova mengganti wallpaper tanpa harus meng-generate file XML terlebih dahulu.


DesktopNova mendukung file gambar dengan format png, jpg, jpeg, bmp, svg, gif dan tif. Dengan menggunakan DesktopNova kita dapat memilih beberapa gambar atau bahkan folder (dan subfolder) untuk dijadikan wallpaper secara bergantian.

DesktopNova terdapat di repository resmi Ubuntu, jadi untuk menginstal aplikasi ini di Ubuntu dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
sudo apt-get install desktopnova
Sedangkan bagi teman-teman yang tidak mempunyai koneksi Internet silakan gunakan layanan apt-web untuk men-download secara manual.

Petunjuk singkat penggunaan:
Jalankan DesktopNova dengan mengklik menu "Applications > Accessories > DesktopNova", pada tab "Images" pilih beberapa gambar atau folder yang berisi gambar untuk dijadikan wallpaper. Kemudian buka tab "Settings", beri centang pada checkbox pertama dan ketiga. Jangan lupa untuk mengklik tombol "Modules" dan pilih opsi "Gnome".


Jika semua sudah selesai klik "Save settings" kemudian "Start Daemon".

Semoga bermanfaat.

4 comments :

masokis mengatakan...

terbaek :)
//DesktopNova ini menyokong kde3 ngak ?

hok00age mengatakan...

@masokis: Hanya mendukung Gnome dan Xfce ...

Gandhi mengatakan...

Aplikasi ini apakah membutuhkan memory besar? Dibandingkan dengan crebs misalnya....

hok00age mengatakan...

@Gandhi: DesktopNova hanya mempunyai "small daemon" yang berjalan di background, jadi saya rasa tidak membutuhkan memori yang banyak ...

Poskan Komentar