[Ubuntu] Wine 1.2 Telah Dirilis dengan Dukungan Terhadap Aplikasi 64 Bit

Wine adalah sebuah emulator yang memungkinkan para pengguna Linux untuk menjalankan aplikasi Windows di komputer mereka. Dengan menggunakan Wine kita bisa menjalankan aplikasi Windows tanpa harus menginstal Windows (tentu saja ini akan menghemat biaya untuk membeli lisensi Windows). Akhirnya setelah hampir dua tahun Wine merilis versi terbarunya yaitu versi 1.2 yang membawa 23.000 perubahan dan 3.000 perbaikan. Wine 1.2 juga menggunakan tema ikon baru yaitu Tango.


Selain itu Wine 1.2 juga mendukung aplikasi 64 bit, jadi teman-teman bisa menjalankan aplikasi 64 bit di komputer dengan arsitektur 32 bit. Sebagai mana telah ditulis di atas Wine 1.2 membawa 23.000 perubahan dan 3.000 perbaikan, klik di sini jika teman-teman tertarik untuk membaca changelog-nya.

Instal Wine 1.2 di Ubuntu:
Untuk sementara Wine 1.2 hanya tersedia untuk Ubuntu Lucid yang bisa diinstal dengan cara sebagai berikut:
Buka Terminal dan ketik:
sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install wine
Sedangkan bagi teman-teman yang tidak memiliki koneksi internet di Ubuntu Lucid-nya klik di sini untuk mendapatkan daftar lengkap file-file yang harus di-download secara manual. Lalu jangan lupa klik di sini untuk cara membuat repository lokal.

Semoga bermanfaat.

2 comments :

Genzo Wakabayashi mengatakan...

Klo pke GUI gimana caranya ya??
Soalnya belum mehir menggunakan terminal... :)

hok00age mengatakan...

@Genzo: klo km punya koneksi internet, lebih praktis pake terminal bro, cukup ketik satu per satu perintah di atas, Wine siap dipakai, dari pada Pake Synaptic harus klik sana dan klik sini..... Ya, itung2 kenalan ma terminal lah.... :-)

Poskan Komentar