[Ubuntu] Percantik Desktop Ubuntu dengan Avant Window Navigator

Blog ini sudah menulis dua aplikasi dock. Beberapa jam yang lalu kita sudah mengulas tentang XWindows Dock yang berjalan pada sistem operasi Windows, dan juga kita sudah mengetahui tentang Docky yang berjalan pada sistem operasi Linux. Sekarang saatnya menulis artikel tentang aplikasi dock lain untuk Linux, Avant Window Navigator (AWN).

Avant Window Navigator (AWN) adalah aplikasi dock yang cukup favorit di kalangan para pengguna Linux, terutama Ubuntu. Sebagaimana aplikasi dock lainnya, AWN memudahkan kita untuk membuat shortcut dari aplikasi favorit dengan tampilan yang sangat cantik. Bukan hanya itu, AWN bisa digunakan untuk menggantikan GNOME Panel secara keseluruhan.


Sebagaimana dikatakan di atas, AWN bisa digunakan untuk menggantikan GNOME Panel. Ya, dengan menambahkan applet-applet yang bisa mewakili semua fungsi GNOME  Panel. Adapun yang populer saat ini adalah style dari AWN yang bernama Lucido. AWN Lucido adalah salah satu style dari AWN yang memang dirancang untuk menggantikan GNOME Panel (jadi kita tidak butuh lagi dengan GNOME Panel).


Untuk menginstal Avant Window Navigator dengan Lucido-nya, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Hapus dulu AWN yang sudah terpasang untuk menghindari konflik versi:
sudo apt-get remove avant-window-navigator avant-window-navigator-data awn-settings awn-applets-c-core libawn1 vala-awn
sudo apt-get autoremove
Tambahkan PPA untuk AWN Lucido:
sudo add-apt-repository ppa:albyrock87/lucidoppa
sudo add-apt-repository ppa:awn-testing/ppa
sudo apt-get update
Instal AWN beserta applet-applet yang ada:
sudo apt-get install avant-window-navigator-trunk avant-window-navigator-data-trunk python-awn-trunk awn-settings-trunk awn-applets-python-core-trunk python-awn-extras-trunk awn-applets-python-extras-trunk awn-applets-c-core-trunk awn-applets-c-extras-trunk
Sedangkan bagi teman-teman yang tidak memiliki koneksi Internet langsung di Ubuntu-nya klik di sini untuk mendapatkan daftar file-file yang harus di-download, lalu klik di sini untuk membuat repository lokal (agar mudah nginstalnya bro).

Sebagai tambahan, mungkin kalian tertarik menyaksikan video di bawah ini:


Semoga bermanfaat.

2 comments :

6 6 6 mengatakan...

mantap.mantap

Anonim mengatakan...

koq repository yg ppa:albyrock87/lucidoppa gak bisa ya??

Poskan Komentar