[Ubuntu] Integrasi JDownloader dengan Firefox

Beberapa hari yang lalu blog ini sudah menulis tentang JDownloader, sebuah aplikasi download manager di Ubuntu. Sekarang saya mau berbagi info cara mengintegrasi JDownloader dengan Firefox. Yang saya maksud integrasi di sini adalah ketika kita meng-klik download link dari sebuah situs, maka otomatis akan menggunakan JDownloader sebagai download manager-nya (tidak perlu copy dan paste link dari Firefox ke JDownloader). Baiklah, mari kita mulai aksinya.


Update: Pastikan teman-teman sudah mengaktifkan Plugin "FlashGot for Firefox sebelum memulai proses instalasi dan konfigurasi", perhatikan gambar paling bawah.

Bagian pertama, proses instalasi dan konfigurasi:
Instal dulu JDownloader, untuk caranya silakan klik di sini. Jika sudah selesai instal buka JDownloader (disarankan membuka lewat Terminal, ketik "jdownloader" pada Terminal). Tunggu beberapa saat, JDownloader akan melakukan proses update, proses ini akan memakan waktu cukup lama harap bersabar. Jika proses update sudah selesai pilih menu "Addons > Addon Manager" kemudian sorot pada "FlashGot for Firefox", pada panel sebelah kanan klik "Install" (lihat gambar di atas). Instal FlashGot dan kemudian restart Firefox.

Setelah instalasi FlashGot selesai masuk ke jendela konfigurasi FlashGot dengan cara pada Firefox klik "Tools > Addons" kemudian pilih FlashGot dan klik "Preferences". Masuk pada tab "General" pada "Download Manager" pilih JDownloader, kemudian tekan "OK" (lihat gambar di bawah). Proses instalasi dan konfigurasi sudah selesai.


Bagian kedua, penggunaan:
Untuk menggunakan trik ini cukup mudah, klik pada download link, maka akan muncul jendela seperti di bawah ini:


Jika muncul jendela di atas, pilih FlashGot, dan jika teman-teman suka beri centang pada "Do this automatically bla bla bla", kemudian tekan "OK". Sesaat setelah meng-klik "OK" JDownloader akan men-download file yang bersangkutan.


Catatan: Pastikan JDownloader dalam keadaan berjalan (paling tidak di system tray) untuk dapat melakukan trik ini.

Selamat mencoba.

Update: Pastikan teman-teman sudah mengaktifkan Plugin "FlashGot for Firefox sebelum memulai proses instalasi dan konfigurasi", perhatikan gambar di bawah ini:

7 comments :

mei fajri mengatakan...

jauh ga perbedaannya dengan add on bawaan firefox (downthemall) mas ??

hok00age mengatakan...

@mei: Gak beda2 jauh bro, cuma pengen ngasih trik bagi yang suka pake JDownloader.......

subkhan mengatakan...

kalo buat ngeremovenya gimana?

hok00age mengatakan...

@subkhan: Untuk remove JDownloader:
sudo apt-get remove jdownloader

Anonim mengatakan...

mas saya coba kok gak bisa ya addon nya gak compatible ama firefox4

hok00age mengatakan...

@anonim: Instal secara manual:

http://flashgot.net/

andi1914 mengatakan...

mohon pencerahan...
add-on flashgotnya ga compatible dengan firefox 7.0.1 gimana caranya?

Poskan Komentar