[Ubuntu] FlashExtractor: Ekstrak Konten dari File SWF

Satu lagi aplikasi open source yang berada di PPA TahuTEK.net, FlashExtractor. Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk meng-ekstrak isi dari file *.swf. Isi file *.swf yang bisa di-ekstrak adalah shape, movie clip, gambar (png dan jpg) serta suara (mp3). FlashExtractor sangat bermanfaat bagi kita yang ingin mengambil salah satu isi dari suatu file *.swf untuk dimasukkan ke proyek animasi atau desain grafis kita.


Untuk melakukan proses ekstraksi pilih menu "Go > Extract Flash Objects" kemudian akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini:


Perhatikan gambar di atas (klik untuk memperbesar). Tanda kotak bagian atas merupakan area yang menunjukkan file-file yang BISA diekstrak, sedangkan tanda kotak bagian bawah menunjukkan file-file yang AKAN diekstrak. Atau dengan kata lain, kita diberi pilihan untuk menentukan file mana yang akan di-ekstrak. Jika sudah menentukan file mana saja yang akan di-ekstrak, klik "Extract".

Untuk menginstal FlashExtractor di Ubuntu (Karmic dan Lucid) dapat dilakukan via PPA dari TahuTEK.net. Buka Terminal dan ketik:
sudo add-apt-repository ppa:tldm217/tahutek.net
sudo apt-get update
sudo apt-get install flashextractor
Sedangkan bagi teman-teman yang tidak mempunyai koneksi Internet langsung di Ubuntu Lucid-nya, klik di sini untuk mendapatkan daftar file yang harus di-download secara manual. Kemudian klik di sini untuk membuat repository
lokal (mempermudah proses instalasi).

Selamat mencoba.

4 comments :

Ade Malsasa Akbar mengatakan...

Keren! Saya baru tahu. Terima kasih, Mas.

hok00age mengatakan...

@Ade: Sama-sama mas ...

Anonim mengatakan...

apakah bisa di aplikasikan di flash,....maksud saya bagaimana dengan timeline/frame/scriptnya?????

hok00age mengatakan...

@Anonim: Hanya bisa mengekstrak suara dan images gan, belum mendukung script

Poskan Komentar