[Ubuntu] GnoMenu 2.8: Alternatif Pengganti Gnome Menu Applet

Jika pada waktu yang lalu kita sudah membahas tentang Cardapio yang bisa digunakan sebagai Gnome Menu Applet replacement, maka saatnya kita mengulas sedikit tentang pengganti Gnome Menu Applet yang lain. Sebagaimana kita tahu, Ubuntu memberikan kebebasan kepada penggunanya menggunakan applet mana yang disuka untuk mengakses menu (baik itu aplikasi yang terinstal, pengaturan sistem, dan lain-lain). Selain Cardapio dan Slab, ada lagi pengganti Gnome Menu Applet yang lain yaitu GnoMenu.


GnoMenu adalah sebuah menu applet yang dapat memperindah tampilan desktop Gnome kalian. GnoMenu memiliki fungsi penuh sebagai menu, mendukung tema, bisa dipakai bersamaan dengan compiz atau tidak. Applet ini bisa meniru menu-menu yang pernah ada di dunia komputer (bisa meniru Windows XP, Vista, 7 dan Menu ala KDE) atau bisa dengan tema yang belum pernah ada dan bahkan lebih bagus dari yang pernah ada karena GnoMenu mendukung tema dan mudah dikonfigurasi.

Pada versi terbaru dari GnoMenu yaitu versi 2.8 ada perubahan besar yang terjadi yaitu tombol GnoMenu Applet sekarang mempunyai tiga status yaitu status ketika di klik, hover, dan normal.

Untuk menginstall GnoMenu disarankan melalui PPA resminya, hal ini akan memastikan bahwa kita selalu memakai versi terbaru dari GnoMenu. Berikut caranya:
Buka terminal dan ketik:
sudo add-apt-repository ppa:gnomenu-team/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install gnomenu
Sedangkan untuk pengguna distribusi Linux yang lain bisa mengunjungi situs ini.

Semangat!!!

0 comments :

Poskan Komentar