Window Gestures : Sebuah Gnome Extensions yang membuat Laptop Kita Serasa MacBook!

Ekstensi Window Gesture, saya cukup terkesan dengan ekstensi ini. Ekstensi ini membantu kita merasakan bagaimana flow gesture pada MacBook dengan Gnome Linux Desktop Environment. Ekstensi ini hanya perlu diinstal dari halaman ekstensi gnome (https://extensions.gnome.org/extension/6343/window-gestures/), dan memiliki beberapa konfigurasi tambahan yang dapat dikustomisasi (kecuali 4 fingers gesture untuk restore, maximize, dan full screen window). 

Tetapi yang perlu diingat, fitur ini hanya bisa berjalan jika kita menggunakan wayland compositor dan bukan x.org dalam menjalankan Gnome. Untuk gesture pada xorg, akan dijelaskan pada fitur terpisah, mengingat xorg sudah memasuki masa dorman/transisi untuk di deprecated. 

Untuk bisa menginstall ekstensi ini dari browser langsung, pastikan anda telah memiliki ekstensi chrome/chromium/edge browser Gnome Shell Integration dan memiliki cli tools "chrome-gnome-shell" baik fedora, ubuntu, dan linux lain nya. Jika sudah, anda hanya perlu menuju halaman ekstensi disini, dan menekan on/slide biru. Seperti pada gambar di bawah

 

Jika sudah di tekan, refresh halaman dengan tombol F5maka akan muncul seperti pada gambar di bawah pada halaman tersebut. Jika sudah, maka fiture gesture dapat dicoba, pertama dapat menggunakan 4 jari untuk di geser ke atas 1x untuk window yang belum maximized, dan 1x lagi setelah maximize menjadi fullscreen.

Jika ingin mengkonfigurasi fitur tambahan, silahkan tekan tombol preferensi untuk bisa mengakses panel kontrol kustomisasi nya. Untuk saya pribadi, saya mengkonfigurasi 3 finger untuk semua yang berhubungan dengan workspace/virtual desktop (seperti yang saya tandai merah atau bernomor 1 dengan kotak pada gambar di bawah), yang berfungsi untuk menampilkan list aplikasi dan menghide nya seperti pada MacBook (dimana di macOS menggunakan 5 finger). Sedangkan untuk konfigurasi 4 finger gesture, saya konfigurasi untuk semua yang berhubungan dengan window management, mengingat dari bawaan ekstensi untuk restore, maximize dan fullescreen sudah terkonfigurasi begitu (walau bisa di balik ya, pada konfigurasi swap 3 finger to 4 finger), dapat dilihat pada gambar di bawah (diwarnai warna biru atau nomor 3). 

Sedangkan specific untuk gesture back and forward untuk browser dan aplikasi lain, saya menggunakan 3 finger down left dan right (kalau di firefox bisa bawaan 2 finger, tetapi di chromium browser linux belum support, dan fitur ini sangat-sangat membantu!). Posisi konfigurasi dapat dilihat pada gambar di bawah (diwarnai dengan warna ungu atau nomor 2).


Jika sudah, maka anda dapat mencoba lebih jauh konfigurasi ini. Kebetulan dari developer ini menyediakan video tutorial cara penggunaan nya di Youtube, saya akan sertakan dengan iframe di sini. Boleh juga membantu developer dengan melakukan like dan subscribe di youtube developer terkait (kebetulan developer nya juga asli Indonesia, kita perlu dukung developer lokal kita). 

 

 

Sekian Post dari saya, terima kasih, dan tetap follow tahutek! Jangan lupa gunakan rajaongkir sebagai tools untuk check ongkir kalian di platform apapun ya!

0 comments :

Posting Komentar