Menambahkan Fitur "Open as Root" pada Nautilus

Nautilus merupakan file manager bawaan Ubuntu 13.04 Raring Ringtail. Sayangnya, Nautilus versi terbaru yang dibawa oleh Ubuntu 13.04 Raring Ringtail tidak mempunyai fitur "Open as Root" atau "Open as Administrator" :CMIIW. Fitur tersebut sangat berguna jika kita sering mengedit file-file konfigurasi sistem seperti sources.list  untuk mengedit daftar repository atau semisalnya. Dengan adanya fitur tersebut, kita cukup klik kanan pada file yang akan diedit lalu pilih "Open as Root" sehingga kita dapat mengedit file yang dipilih.


Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberi sedikit trik untuk menambahkan fitur tersebut di Nautilus. Silakan menyimak!

Pastikan kalian sudah menginstal aplikasi "gksudo", jika belum, kalian bisa menginstal aplikasi tersebut dengan menjalankan perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install gksu
Setelah terinstal, salin kode di bawah ini menjadi sebuah file baru:
#!/bin/bash
     
    # First, please make sure gksudo is installed
    # Run 'sudo apt-get install gksu' to make it sure
     
    # Get the path
    if [ -e -n $1 ]; then
            obj="$NAUTILUS_SCRIPT_SELECTED_FILE_PATHS"
    else
            path="`echo $NAUTILUS_SCRIPT_CURRENT_URI | cut -d'/' -f3- | sed 's/%20/ /g'`"
            selected="$path/${1##*/}"
    fi
     
    #Check if selected object file or folder
    if [ -f "$selected" ]; then
            gksudo gedit "$selected"
    elif [ -d "$selected" ]; then
            gksudo nautilus "$selected"
    fi
     
    exit 0
.
Simpan file ke dalam folder "/home/username/.local/share/nautilus/scripts" dan beri nama "Open as Root.sh" atau sesuai keinginan kalian. Perhatikan gambar di bawah ini:


Langkah selanjutnya adalah memberi ijin eksekusi kepada file yang barusan dibuat. Caranya adalah klik kanan pada file tersebut, pilih "Properties", buka tab "Permission" lalu beri centang pada pilihan "Allow executing file as a program".


Langkah terakhir adalah me-restart Nautilus agar perubahan dapat dirasakan. Silakan jalankan perintah berikut untuk me-restart Nautilus:
nautilus -q
Selesai! Sekarang kalian mempunyai pilihan "Open as Root" di Nautilus.

0 comments :

Posting Komentar