Cara Mengubah MAC Address di Ubuntu

Pernahkah kalian hunting wifi gratisan di kampus, taman kota, cafe, atau bahkan Indomaret? Jika ya, mungkin ada yang pernah mengalami kejadian di mana tiba-tiba koneksi putus setelah beberapa jam atau setelah melampaui kuota download sekian megabyte. Setelah dicoba melakukan koneksi lagi ternyata tidak bisa, tidak bisa, dan tetap tidak bisa! Salah satu solusi untuk "mengakali" pembatasan koneksi ini adalah dengan mengganti MAC Address.

MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.
MAC Address ini bersifat unik dan setiap laptop pasti beda-beda. Si penyedia wifi biasanya menggunakan kode unik MAC Address untuk membatasi koneksi. Agar bisa konek lagi yaaa harus ganti MAC Address gan :D


Mengganti MAC Address di Ubuntu
Sebelum saya melanjutkan tulisan ini, saya tidak menjamin bahwa mengubah MAC Address dapat mengatasi masalah pembatasan wifi di atas lho. Namanya juga coba-coba semoga saja berhasil :D

Instal dulu aplikasi yang dibutuhkan:
sudo apt-get install macchanger
Setelah itu lakukan identifikasi wifi kalian untuk mendapatkan "kode hardware"-nya. Untuk wifi biasanya dimulai dengan "wlan" jadi bisa saja perangkat wifi kalian memiliki kode "wlan0", "wlan1", "wlan2" dan seterusnya. Cara mengetahuinya adalah dengan mengetik perintah:
sudo ifconfig
Kebetulan punya saya adalah "wlan2" jadi dalam contoh ini saya akan menggunakan "wlan2".

Mengubah MAC Address
Untuk mengubah MAC Address, cukup ketik perintah berikut:
sudo ifconfig wlan2 down
sudo macchanger -r wlan2
sudo ifconfig wlan2 up
Yang dilakukan perintah di atas adalah mematikan perangkat wifi "wlan2", mengubah MAC Address secara acak, lalu menghidupkan perangkat wifi lagi.

Mengembalikan MAC Address seperti semula
Untuk mengembalikan MAC Address ke semula pun sangat mudah. Ketik perintah berikut:
sudo ifconfig wlan2 down
sudo macchanger -p wlan2
sudo ifconfig wlan2 up

Ada banyak pilihan dalam menggunakan perintah "macchanger", silakan ketik "macchanger --help" untuk melalukan ekplorasi lebih lanjut.

Selamat mencoba :)

2 comments :

Pujiono mengatakan...

mantab bos, sayang sy g pake laptop ... msh pake pc ... xi xi xi

abdiman mengatakan...

walaah. host-nya diganti juga ndak nih? klo di wifi saya yo saya ganti lagi model filternya. pantau terus saja. hehehe.

Poskan Komentar