Mount CD/DVD Image dengan CDEmu

Saya pernah menulis artikel mengenai aplikasi untuk me-mount file CD/DVD image dengan Mounty, begitu pula sebuah trik untuk me-mount tersebut lewat command line. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi aplikasi lain yang juga bisa kalian gunakan untuk me-mount file CD/DVD image seperti ISO, CUE, BIN, MDF, MDS, dan lain-lain. Perkenalkan CDEmu!


Yang membedakan CDEmu dengan aplikasi lain adalah aplikasi ini berbentuk daemon yang akan membuat perangkat CD/DVD virtual dengan modul kernel-nya. CDEmu memiliki beberapa paket yaitu:
  • Modul kernel yang akan membuat perangkat CD/DVD-ROM virtual
  • Libmirage untuk "menerjemahkan" file image
  • Sebuah daemon yang meng-emulate CD/DVD-ROM
  • Aplikasi client baik berbasis teks atau GUI untuk mengendalikan emulator
Dilihat dari fitur dan cara kerjanya, CDEmu sangat mirip dengan Daemon Tools di sistem operasi Windows.

Instalasi CDEmu
Para pengguna Ubuntu dan turunannya dapat menginstal CDEmu dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
sudo add-apt-repository ppa:cdemu/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install cdemu-daemon cdemu-client
Setelah proses instalasi selesai, silakan restart komputer agar CDEmu daemon dapat berjalan. Jika kalian malas me-restart cukup jalankan perintah "cdemud" (tanpa tanda petik).

Me-mount image
Pada artikel kali ini saya menggunakan CDEmu client berbasis teks alias mengetik lewat Terminal, untuk me-mount image cukup jalankan perintah:
cdemu load 0 fileku.cue
Perintah "load" digunakan untuk me-mount file, angka "0" adalah device yang akan digunakan, sedangkan "fileku.cue" merupakan file image yang ingin di-mount.

Meng-unmount image
Anggap kalian me-mount dengan perintah di atas, maka perintah untuk meng-unmount adalah:
cdemu unload 0
Perintah "unload" digunakan untuk meng-unmount file. Untuk perintah-perintah lain CDEmu, silakan baca di:
man cdemu

Aplikasi client berbasis GUI
CDEmu juga hadir dengan aplikasi client berbasis GUI yaitu berupa GNOME applet yang berfungsi untuk mengontrol CDEmu. Perintah untuk menginstalnya adalah:
sudo apt-get install gcdemu
Sayang sekali, saya sudah menginstalnya tapi tidak berhasil berjalan di XFCE. Jika kalian menggunakan GNOME, mungkin aplikasi ini akan berjalan dengan baik.

3 comments :

Mas Suwondo mengatakan...

Ada juga yang menarik mas, bukan sekedar me mount, tetapi juga mengedit dan mengubah isi dari file ISO tersebut, yaitu pakai iso master. Nha, jadi pasangan yang mantap, kalau iso master disandingkan dengan mounty atau cdemu ini. Kita bisa mount, dan bebas mengedit image iso kita.

Damar Riyadi mengatakan...

Terima kasih atas infonya :)
CDEmu mendukung banyak file termasuk CUE, BIN, MDS, MDF (sudah saya coba) sedangkan untuk NRG belum dicoba karena tidak ada file dengan format tsb di komputer saya.

Heru Bisida mengatakan...

Siap dicoba Mas...

Poskan Komentar