[Lainnya] Siap-siap. Internet akan mati.

Mengapa? Karena sebuah RUU dari Amerika yang, bila disetujui, akan membolehkan Departemen Keadilan Amerika Serikat (US Department of Justice) untuk memaksa provider Internet untuk mematikan layanan mereka.

Sebenarnya ada 2 gerakan yang mengancam internet, yaitu RUU SOPA (Stop Online Piracy Act -- Gerakan Hentikan Pembajakan secara Online) dan Protect IP Act. Jika RUU SOPA disetujui, dan sangat mungkin ia akan disetujui, maka segala pihak yang tersangka memberi dukungan (walaupun hanya sekecil tautan) kepada situs yang melakukan pembajakan atau pelanggaran hak cipta akan ditaruh di sebuah Internet Blacklist. Dari Google, Bing, Yahoo, YouTube, Wikipedia dan situs-situs besar lainnya SANGAT PASTI akan terkena SOPA, dan diblacklist.

Pendukung RUU SOPA dan Protect IP antara lain MPAA, perusahaan farmasi besar, American Federation of Musicians, Screen Actors' Guild dan beberapa badan dan organisasi lainnya.

Tapi kita di Indonesia, 'kan? Memangnya 'ngaruh?
Mungkin kalian tidak tahu/ingat/sadar, tapi sebagian besar perangkat yang menyediakan layanan Web dan Internet secara keseluruhan berada di Amerika Serikat. Internet di seluruh dunia akan diawasi oleh Amerika.

Namun banyak situs dan organisasi yang menentang RUU ini. Mozilla (organisasi yang membuat Firefox),Reddit (sebuah situs warta bersifat social sharing) dan OMG!Ubuntu! (blog mengenai Ubuntu dan Linux secara umum, seperti TahuTEK) menghitamkan logo-logo mereka sebagai bentuk pemprotesan.
Selain Mozilla, Reddit dan OMG!Ubuntu!, Google, Wikimedia (yayasan yang mendukung Wikipedia dan situs adik lainnya secara finansial), Facebook dan Twitter juga menentang RUU ini.

Sebuah grup kampanye online bernama Avaaz membuat sebuah petisi yang mengajak semua orang dari seluruh dunia untuk menandatanganinya sebagai bentuk pemrotesan RUU ini. Petisi tersebut akan dikirim ke senat AS sebelum persetujuan RUU yang akan dilaksanakan akhir bulan ini.

Credits to OMG!Ubuntu!

16 comments :

Anonim mengatakan...

ga tau mau koment apa, tp karna admin mengatakan "Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar sehabis membaca ^_^", yaudah saya komen begini saja..
tp sejujurnya mematikan pebajakan=membunuh pertumbuhan ekonomi indonesia, karna sebagian besar ilmu org inonesia berasal dr pembajakan, plg simpel aja OS kompi ato lepi kita..
oia admin, tolong tambahkan dng gmana caranya kami mendukung gerakan anti RUU tersebut dong..

Muhammad Hari Diputera mengatakan...

@Anonim #1: Maaf bukan admin (cuman kontributor aja, tapi ane yang nulis postingan ini).
Kalau menurut ane, pembajakan bukan kontributor besar dalam ekonomi Indonesia. Kalau di pikir-pikir, memangnya keuntungan yang didapatkan dari penjualan film/game/lagu bajakan masuk ke tabungan negara? Nggak juga. Kalau masalah ilmu, kebanyakan penjualan piranti lunak bajakan mengunduh piranti lunak bajakannya yang sudah jadi. Yang melakukan pembajakan sebenarnya jarang orang Indonesia (tapi bukannya bilang nggak ada orang Indonesia yang pinter ngebajak).
Tapi itu cuman spekulasi sebatas ilmu sama pengalaman ane, Gan. Ane bukan pengamat ekonomi; ane anak jaringan nyasar ke sekolah seni. ^^v

Di bagian terakhir postingan ada tautan ke petisinya Avaaz.

Galuh Ristyanto mengatakan...

Susah kalau internet mati. Padahal internet juga dijadikan sebagai media tempat kerja. Saya sendiri juga nyari sedikit penghasilan dari internet. Perbankan bakal amburadul.

gugum mengatakan...

saya setuju kalo kita perlu menghentikan pembajakan,
tetapi kalau ide-ide kreatif itu muncul setelah tau
pola2 yg bagus dari pihak yg kita inginkan,
tidak ada salahnya meniru untuk mendapat hal yg lebih baik...!

keep your innovative solutions guys!
Internet ngga ada? Ah, bukan sekarang kale....

visit: http://guum.us --> and start posting your request as our next projects.

Muhammad Hari Diputera mengatakan...

@Galuh: Tolong benerin kalo salah, tapi bukannya jaringan bank memakai jaringannya sendiri? Terlalu beresiko kalau bank mengandalkan Internet.
Bank menggunakan fasilitas web mungkin hanya sebatas situs resmi sama online banking.

[root@localhost ~] mengatakan...

bisa berabe nih klo net mati..... ga bisa ngeblog lagi :P

bisidamu mengatakan...

@Muhammad Hari Diputera :: ANe setuju Gan... Ikut - ikut aja... :D

Anonim mengatakan...

Rada susah nih diaplikasiin toh mozilla dll aja ga setuju,okelah kalo mo menghentikan pembajakan ane dukung,tapi gara2 secuil tautan trus diblacklist gak keren sekali kyaknya

Sofyan mengatakan...

agak berat kayanya, internet bukan melulu tentang pembajakan, terlalubanyak yang dikorbankan
to bang admin klo bisa artikel dari ubuntubuzz tulis juga di mari, biar bisa komen ala indo, soanya bagus2 isinya ... :D

hok00age mengatakan...

@Sofyan: Sip gan, terima kasih atas sarannya :)

zerohell mengatakan...

wew, miris. ga semua ngebajak gan..

catatanlinuxku mengatakan...

wah serem juga yaa >.<

admin mengatakan...

itu mah akal"n orang amerika ajja gan,bilang ajja mereka takut sama software open source,karna produk mereka berbayar semua.
untuk apa ada sebuah system berbayar kalau tidak di manfaatkan....:D

Anonim mengatakan...

salam. kenal ....
open source never die .......

Tbm Alhidayah mengatakan...

nice info gan :)

Iman Munajat Rahmat Putra mengatakan...

 Say No to RUU SOPA !!!

Poskan Komentar