[Ubuntu] sK1: Edit File CorelDRAW dan Adobe Ilustrator di Ubuntu

CorelDRAW dan Adobe Ilustrator merupakan aplikasi untuk mendesain vektor yang cukup populer di kalangan desainer. Sayangnya, kedua aplikasi tersebut berharga cukup mahal dan hanya tersedia hanya untuk Windows dan Mac. Namun jangan berkecil hati dulu, para pengguna Ubuntu/Linux kini dapat sedikit bernapas lega ketika berhadapan dengan format file *.cdr (CorelDRAW) dan *.ai (Adobe Ilustrator) karena sudah ada sebuah aplikasi vector editor yang - tentu saja - opensource yang mendukung kedua format file tersebut. Bukan hanya itu, hasil desain kita dapat diekspor ke dalam format lain seperti SVG (Inkscape), PDF dan lain-lain. Baiklah, perkenalkan sK1 Ilustration Program!


Selain dapat mengimpor file *.cdr dan *.ai, sK1 juga mendukung format file lain yaitu: (klik untuk memperbesar gambar)


Untuk informasi lebih lanjut mengenai sK1 silakan klik di sini.

Para pengguna Ubuntu dan distribusi Linux yang lain dapat menginstal sK1 dengan mengunduh paket yang disediakan di sini. Setelah proses unduh selesai, ekstrak file archive yang barusan di-download, instal ketiga file *.deb yang ada di dalam folder ekstrasi dengan klik ganda pada file *.deb (urutan: sk1libs -> sk1sdk -> sk1) atau dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
sudo dpkg -i *.deb
sudo apt-get -f install
Perlu diketahui, file *.cdr dan *.ai merupakan format file tertutup sehingga bisa jadi hasil impor dengan menggunakan sK1 tidak sesempurna jika dibuka langsung dengan aplikasi aslinya (CorelDRAW dan Adobe Ilustrator).

Tidak familiar dengan sK1? Silakan gunakan Inkscape! Aplikasi ini juga bisa mengimpor file CorelDRAW dan Adobe Ilustrator.

"sK1 Project: OpenSource Solutions for Prepress"

2 comments :

As-Syifa mengatakan...

Sayangnya, fitur yang disediakan oleh SK1 terbatas sekali. Pernah beberapa kali saya mencoba import file dengan ekstensi *.cdr, *.ai, *.svg, *.pdf dan *.eps yg semuanya adl vector; namun malah muncul pesan "An Error Occured: Parsing Error: Unrecognised file type". Asumsi saya, mungkin saya sebelumnya menyimpan file-file tsb (di CorelDRAW / Adobe Illustrator) dg ekstensi yg blm/tidak disupport oleh SK1. BTW, dulu di Windows saya menggunakan CorelDRAW X5 & Illustrator CS5, namun skrg bosan (bukan dg aplikasi graphic design tsb) dg OS Windows, karena system security-nya yg sangat buruk, mudah terinfeksi virus, BSOD, dsb. AlhamduliLLAH, skrg udah (agak) bisa pake Linux (Ubuntu 10.10 Maverick) dan nemu'in aplikasi Graphic Design yg bagus banget: INKSCAPE & GIMP. Menurut saya sbg seorang (pemula) di Graphic Desain; Inkscape adl perpaduan antara CorelDRAW & Adobe Illustrator.

T-tshirt mengatakan...

keren,,,

tapi bisa gk dari inkscape di buka di corel ?
cos saya desain biasanya pke inkscape tapi ternyata di tempat saya mw cetak kaos mintanya file nya bisa di buka di corel

Poskan Komentar