[Pedal] Manajemen Direktori

Pada artikel kelima kategori Pedal ini saya akan membahas mengenai manajemen direktori. Sebenarnya Linux memiliki perintah (command) yang berlaku untuk file dan folder (direktori) seperti cp, mv, dan lain-lain, tapi ada beberapa perintah yang dikhususkan untuk folder. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas perintah untuk membuat dan menghapus direktori.


Membuat direktori (folder) baru
Perintah "mkdir" dapat digunakan untuk membuat folder baru. Perintahnya adalah seperti berikut:
mkdir folderku
Perintah di atas akan membuat direktori yang bernama "folderku". Kalian juga dapat membuat banyak direktori sekaligus dengan mengetik perintah semisal:
mkdir folder1 folder2 folder3 folderN
Perintah di atas akan membuat direktori bernama "folder1", "folder2", "folder3". Perintah "mkdir" juga mempunyai opsi "-p" yang mengijinkan kita membuat direktori secara rekursif. Misal:
mkdir -p folderibu/folderanak/foldercucu
Perintah di atas akan membuat direktori baru bernama "folderibu", di dalam "folderibu" terdapat direktori bernama "folderanak" dan di dalam "folderanak" terdapat direktori bernama "foldercucu".

Menghapus direktori
Jika kalian ingin menghapus direktori yang kosong alias tidak ada file atau direktori lain di dalam, silakan gunakan perintah "rmdir":
rmdir folderku
Lalu bagaimana jika direktorinya tidak kosong? Perintah "rm -r" dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut:
rm -r folderibu
Terkadang kita dimintai konfirmasi ketika menghapus direktori dengan perintah di atas, tentu saja hal ini sangat merepotkan terutama jika terdapat banyak file dan folder lain di dalam direktori yang kita hapus. Untuk mengatasi masalah tersebut, silakan gunakan perintah "rm -rf":
rm -rf folderibu
Opsi "-f" dimaksudkan untuk "memaksa" shell agar menghapus folder yang kita maksud apapun yang terjadi :p

"Artikel selanjutnya: Melihat isi file lewat Terminal"

2 comments :

Putra Eka mengatakan...

Mantap kang, saya masih lumayan awam masalah command di linux :)

hok00age mengatakan...

@Putra eka: Sip kang, saya juga masih belum ahli kok :D

Poskan Komentar