[Ebook] Panduan Membuat Paket Aplikasi Ubuntu Berbahasa Indonesia

Kebanyakan distro Linux besar seperti Redhat serta Debian dan turunannya hadir dengan fitur package management yang mempermudah pengguna dalam menginstal dan menghapus aplikasi. Redhat menggunakan RPM yang merupakan kepanjangan dari Redhat Package Manager sedangkan Debian menggunakan DEB. Ubuntu sendiri yang merupakan turunan dari Debian menggunakan DEB package management, aplikasi yang dapat dikelola oleh package manager di Ubuntu adalah aplikasi berasal dari file *.deb. Dengan adanya paket *.deb ini, kita dapat dengan mudah menginstal dan menghapus aplikasi. Namun, tidak semua aplikasi open source sudah memiliki versi *.deb siap instal, dan tidak semua orang yang "mampu" membuatnya mau berbaik hati membuatkan paket *.deb untuk kalian. Jadi, daripada kalian menunggu orang lain membuat paket *.deb dari sebuah aplikasi, lebih baik membuatnya sendiri kan?


Membuat paket aplikasi Ubuntu merupakan urusan yang gampang-gampang susah. Gampang karena banyak referensi dan tutorial yang membahas masalah itu, susah karena kita harus jeli dan sabar dalam menghadapi pesan error (jika ada). Membuat paket aplikasi Ubuntu menjadi lebih mudah karena Tim Ubuntu Indonesia sudah menerjemahkan panduan pembuatan paket aplikasi Ubuntu ke dalam Bahasa Indonesia. Tentu saja, hal ini sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan dalam pembelajaran pembuatan paket aplikasi Ubuntu karena bagaimana pun kita lebih mudah memahami materi berbahasa Indonesia, iya kan?

Ebook ini terdiri dari 78 halaman yang membahas mulai dari pengenalan tentang paket aplikasi Ubuntu sampai pelacakan bug atau pesan error. Untuk mengunduh silakan klik salah satu tautan di bawah ini:



Dokumentasi lain mengenai Ubuntu yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dapat kalian temui di sini.

Semoga bermanfaat.

2 comments :

oveys mengatakan...

terima kasih mas :) sudah download..

hok00age mengatakan...

@oveys: Sip, sama-sama gan ...

Poskan Komentar