[Windows] qDebDownloader: Download dan Instal Aplikasi Ubuntu Secara Offline

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang populer dan memberi banyak kemudahan. Salah satu kemudahan yang diberikan adalah banyaknya aplikasi yang bisa kita instal hanya dengan beberapa klik atau mengetik beberapa baris di Terminal, tanpa harus memasukkan serial number apalagi mencari crack, patch, atau apapun namanya agar aplikasi dapat berjalan secara normal. Namun sayangnya, kemudahan tersebut hanya dapat dirasakan sepenuhnya oleh pengguna yang mempunyai koneksi Internet, lalu bagaimana dengan yang tidak punya koneksi Internet? Tenang saja, beberapa orang Indonesia sudah memikirkan solusinya, TahuTEK.net pernah memuat artikel tentang apt-web yang memungkinkan kita untuk men-download dan menginstal aplikasi Ubuntu secara offline. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info aplikasi desktop yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan apt-web. Yang menjadi perhatian di sini adalah aplikasi tersebut dibuat oleh orang Indonesia lho gan :p bukan aplikasi yang "besar" sih, tapi paling tidak bisa menunjukkan the power of community pengguna opensource di Indonesia. Baiklah, perkenalkan qDebDownloader yang dibuat oleh Christian Kurniawan Ginting S.


qDebDownloader berjalan di sistem operasi Windows yang berfungsi untuk men-download aplikasi Ubuntu dan dependencies-nya sehingga kita dapat menginstalnya secara offline di komputer kita. Mengapa pakai Windows gan? Yah, tidak bisa dipungkiri warnet-warnet di Indonesia masih pake sistem operasi Windows kan? Aplikasi ini bersifat portable jadi teman-teman cukup download aplikasinya, masukkan ke flashdisk, bawa ke warnet dan selamat download sepuasnya jutaan aplikasi gratis di repository Ubuntu.

Untuk mengunduh qDebDownloader silakan klik tautan di bawah ini:


File-file yang harus kalian unduh adalah "qDebDownloader-xxxx" dan "Qt4.dll.7z". Setelah kedua file tersebut berhasil diunduh, ekstrak semua isinya dan taruh dalam satu folder yang sama seperti nampak pada gambar di bawah ini:


Atau jika teman-teman bingung, silakan unduh paket *.zip yang sudah saya buat, klik di sini untuk mengunduhnya. Setelah download selesai, kalian cukup mengekstraknya kemudian jalankan file "qDebDownloader.exe". Tentu saja, saya menyarankan kalian mengunduh dari situs pembuatnya untuk mendapatnya versi yang terbaru.

qDebDownloader mempunyai tampilan grafis yang cukup mudah, jadi saya rasa kalian tidak akan menemukan kesulitan mengenai penggunaannya.

Sumber: Forum Ubuntu Indonesia

16 comments :

Anonim mengatakan...

Cara menggunakannya bagaimana gan??.........terima kasih penjelasannya......

hok00age mengatakan...

@Anonim: Sudah dicoba gan? Bagian mananya yang kurang jelas? Saya pikir qDebDownloader memiliki tampilan yang simple, cukup pilih distribusi, masukkan nama paket yang ingin di-download, klik "Find" kemudian jika dependencies sudah muncul lanjut dengan klik "Download"

Anonim mengatakan...

Ya gan,memang gampang caranya,tapi disitu kok pilihannya cuma sampai ubuntu 10.10.Padahal ane pakai ubuntu 11.04.kira kira compatible gak ya kalau ane pakai aplikasi ubuntu 10.10 di ubuntu 11.04.......thanks.

hok00age mengatakan...

@Anonim: Masak gan? Lihat di screenshot pertama artikel ini, di situ ada pilihan untuk Ubuntu 11.04 Natty Narwhal kok, pastikan agan men-download versi terbaru dari qDebDownloader. Kemungkinan besar tidak kompatibel jika instal aplikasi 10.10 di 11.04

Anonim mengatakan...

oh ya sudah ketemu..terima kasih gan.nice info.keep posting.

hok00age mengatakan...

@Anonim: Sama-sama gan ...

berrada mengatakan...

wah......
Nice POST........
MAntaf.....

hok00age mengatakan...

@berrada: Sip gan, terima kasih atas feedbacknya :D

Anonim mengatakan...

cara install kumpulan file debnya gimana ya gan?

hok00age mengatakan...

@Anonim: Masukkan semua file dalam satu folder, buka Terminal dan ubah working directory ke folder tempat file deb tadi berada lalu ketik:

sudo dpkg -i *.deb

Anonim mengatakan...

terima kasih gan infonya..................

hok00age mengatakan...

@Anonim: Sama-sama gan ...

Didi Juliady Dillim mengatakan...

coba dulu gan. thanks ya. :D

hok00age mengatakan...

@Didi: OK gan, sama-sama ...

anandia muhammad mengatakan...

Linknya kok gag bisa ya Kang........... Mhn bantuannya....

Damar Riyadi mengatakan...

Coba tanya di forum yang bersangkutan gan:
http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbthreads.php/topics/71484

Poskan Komentar