[Windows] Cara Mengakses Partisi Linux di Windows (Dual Boot)

Di kalangan pengguna, tidak sedikit yang menggunakan sistem dual boot yaitu mempunyai dua sistem operasi dalam satu komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux dan Windows. Sebagaimana telah kita ketahui bersama, Windows tidak dapat mengakses partisi Linux yang berada pada komputer, namun sebaliknya Linux dapat dengan mudah mengakses partisi Windows di komputer. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info mengenai software yang dapat membantu para pengguna Windows dalam mengakses partisi Linux di komputernya. Silakan menyimak!

Saya akan berbagi lima aplikasi gratisan yang dapat membantu kita dalam mengakses partisi Linux melalui Windows tanpa harus me-restart komputer.

1. Explore2fs (Read-only Access)
Explore2fs merupakan aplikasi berbasis GUI yang dapat mengakses (read only) partisi Ext2 dan Ext3. Aplikasi ini dapat berjalan pada semua versi Windows dan dapat membaca hampir semua partisi dengan file sistem Ext2 dan Ext3.


2. Ext2 IFS (Installable File System) (Read and Write Access)
Ext2 IFS berjalan pada Windows NT4.0/2000/XP/2003/Vista/7 yang memberikan akses penuh yaitu read dan write pada partisi Ext2. Partisi dengan file sistem Ext2 akan mendapatkan drive letter. File dan folder dari partisi Ext2 ini akan muncul pada "File dialog" pada semua aplikasi.


3. DiskInternals Linux reader (Read-only Access)
Fungsi aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi nomor satu tadi yaitu Explore2fs. DiskInternals Linux Readers hanya dapat membaca dari partisi Ext2 dan Ext3.


4. Ext2 FSD (File System Driver) (Read and Write Access)
Ext2 FSD adalah driver file sistem Ext2 dan Ext3 untuk Windows berbasis open source. Driver ini berjalan pada Windows 2000/XP/Vista/7 baik 32 bit atau 64 bit.


5. Ext2Read (Read-only Access)
Ext2Read adalah aplikasi semacam Windows Explorer yang dapat melihat (membaca) file-file pada partisi Ext2, Ext3, dan Ext4. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengkopi file dan folder.


Sumber: AskVG

7 comments :

Muhammad mengatakan...

Untuk partisi ext4 bisa ndak ya ?

hok00age mengatakan...

@Muhammad: Silakan pake Ext2Read (Nomor 5), tapi hanya read-only access saja gan

Gilang A. Ramadan mengatakan...

wah makasih udah nyari2 daru dulu ni aplikasi yang kaya gini :)

manjamanja mengatakan...

iziin Copass om admin.......





visit me back @ sigitirmawan.com

hok00age mengatakan...

@manja: Silakan, harap tulis URL sumber :D

Anonim mengatakan...

makasih infonya...
semoga bermanfaat....

Fauzi Rahman mengatakan...

oh iya min klo buka partisi windows di linux gimana caranya ya mohon bantuannya min !

Poskan Komentar