[Ubuntu] Trik: Cara Membuat Quick List di Launcher Unity Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

Pada artikel trik Ubuntu kali ini, saya ingin membuat tutorial ringan mengenai bagaimana membuat sendiri quick list di launcher Unity. Quick list adalah daftar perintah (command) yang bisa kita eksekusi dengan meng-klik kanan pada ikon di launcher Unity. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat gambar di bawah ini.


Tutorial kali akan saya buat dengan contoh kasus, jadi diharapkan kalian dapat "menangkap" konsepnya kemudian mengaplikasikan pada launcher yang kalian kehendaki. Pada tutorial ini saya akan menggunakan launcher Mozilla Firefox dan menambahkan quick list yaitu "Open Facebook" yang akan membuka alamat Facebook saya dan "Open TahuTEK.net" yang akan membuka alamat blog TahuTEK.net. Mari kita mulai!

Jalankan perintah berikut di Terminal:
cp /usr/share/applications/firefox.desktop ~/.local/share/applications
Perintah di atas akan menyalin file "firefox.desktop" ke folder tujuan yaitu "~/.local/share/applications". Karena dalam contoh ini saya menggunakan Mozilla Firefox sebagai percobaan, jadi file yang saya salin adalah "firefox.desktop". Jadi, jika kalian menggunakan objek lain sebagai percobaan, silakan sesuaikan dengan kebutuhan.

Kemudian, jalankan perintah berikut di Terminal:
gedit ~/.local/share/applications/firefox.desktop
Jendela Gedit akan terbuka dan menampilkan isi dari file "firefox.desktop". Perhatikan baris yang mengandung pernyataan berikut:
X-Ayatana-Desktop-Shortcuts=NewWindow;
Karena kita akan menambahkan dua item pada quick list, yaitu "Open Facebook" dan "Open TahuTEK.net", maka edit baris pernyataan di atas menjadi seperti berikut:
X-Ayatana-Desktop-Shortcuts=NewWindow;Facebook;TahuTEK;
Perhatikan baris di atas, kata "Facebook" dan "TahuTEK" adalah sebuah variabel yang bisa kalian ubah sesuai selera, namun ingat baik-baik apa yang kalian tuliskan di sini karena akan berhubungan dengan konfigurasi quick list yang lain.

Menambahkan "Open Facebook"
Masih pada file "firefox.desktop" yang sedang terbuka, tambahkan baris-baris berikut pada bagian paling akhir dari file:
[Facebook Shortcut Group]
Name=Open Facebook
Exec=firefox "http://www.facebook.com/hok00age"
TargetEnvironment=Unity
Kata "Facebook" pada pernyataan "[Facebook Shortcut Group]" harus sama dengan variabel yang kalian tuliskan pada "X-Ayatana-Desktop-Shortcuts=NewWindow;Facebook;TahuTEK;". Untuk isian "Name" isi sesuai selera kalian, isian ini akan nampak pada quick list ketika kalian meng-klik kanan pada ikon di launcher. Pada bagian "Exec" isi dengan perintah yang akan dijalankan ketika kalian meng-klik pada quick list, pada contoh ini saya mengisi dengan:
firefox "http://www.facebook.com/hok00age"
Perintah di atas akan membuka Firefox dan secara otomatis membuka halaman profil Facebook saya. Tentu saja, kalian bisa mengganti dengan alamat situs kesukaan kalian. Cara yang paling mudah untuk mengetahui perintah apa saja yang dapat dituliskan pada bagian "Exec" adalah dengan mengetik terlebih dahulu perintah yang akan ditulis di Terminal, jika berjalan dengan baik, baru tambahkan ke dalam file yang kalian diedit.

Sedangkan untuk bagian "TargetEnvironment=Unity" tinggalkan seperti itu, jangan diubah-ubah.

Menambahkan "Open TahuTEK.net"
Jika kalian sudah memahami bagaimana cara menambahkan "Open Facebook", saya jamin kalian pasti dapat menambahkan "Open TahuTEK.net" dengan mudah. Tambahkan baris-baris berikut pada bagian paling akhir dari file "firefox.desktop".
[TahuTEK Shortcut Group]
Name=Open TahuTEK.net
Exec=firefox "http://www.tahutek.net/"
TargetEnvironment=Unity
Jika kalian melakukan semua panduan tadi dengan benar, isi dari file "firefox.desktop" seharusnya menjadi seperti gambar di bawah ini:


Jangan lupa setelah kalian melakukan pengeditan, simpan file kemudian logout lalu login kembali untuk melihat perubahan yang terjadi.

Selamat mencoba.

0 comments :

Poskan Komentar