Trailer Film Kelima dari Blender Foundation "Gooseberry"

Blender Foundation memang paling rajin membuat showcase yang menunjukkan kehebatan aplikasi Blender, yaitu aplikasi open source yang sangat populer untuk mendesain animasi 3D. Bahkan, Blender Foundation mulai menggarap film kelimanya yang diberi kode "gooseberry". Tentu saja, pembuatan film ini melibatkan developer, artis, dan donatur dari seluruh dunia. Hasil akhir dari film ini dapat diunduh dengan gratis bahkan bisa digunakan ulang untuk berbagai kepentingan. Inilah yang disebut dengan "open movies" yang mengusung semangat open source. Berbeda dengan film-film sebelumnya, tujuan proyek "gooseberry" adalah untuk menghasilkan film animasi dengan durasi yang cukup panjang.


Agar proyek ini dapat berjalan, Blender membuka crowdfunding, dimana kita dapat memberikan donasi untuk proyek Gooseberry dengan "imbalan" kita mendapatkan fasilitas eksklusif sebagai donatur. Fasilitas ekslusif yang diberikan tergantung jumlah uang yang didonasikan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain: Tonton dan unduh film lebih awal dari yang lain, mendapatkan data mentah film, tutorial, dan video pelatihan, serta munculnya nama atau perusahaan Anda di credit film Gooseberry.


Video: Ton Roosendaal, ketua dari Blender Foundation memperkenal rencana pembuatan film animasi dengan aplikasi open source. Proyek tersebut diberi nama "Gooseberry"


Proyek ini membutuhkan dana sekitar 6 juta Euro agar bisa memulai proses produksi. Proyek Gooseberry dijadwalkan bisa ditonton dan diunduh oleh para donatur pada tahun 2015 dan tersedia untuk publik pada tahun 2016. Sungguh usaha yang melelahkan bukan? Berikut trailer dari proyek Gooseberry.


Saya pribadi sangat penasaran dengan proyek ini dan bagaimana hasilnya, mengingat Gooseberry merupakan film animasi yang cukup panjang, dana yang besar. Yap, berbeda dengan film-film sebelumnya dengan durasi yang relatif pendek.


Dukung Proyek Gooseberry: The Open Feature Animation Film

“We are going to bring together the best of the open source CG talents to work on a 3D animation feature film.”

Kalian penasaran juga? Jadi, silakan dukung proyek "Gooseberry" dengan memberikan donasi atau paling tidak sebarkan berita ini kepada teman-teman Anda ;)

2 comments :

Abdul Kholiq Hasan mengatakan...

nasib dah cuma bisa menonton, tanpa bisa membuat.

Damar Riyadi mengatakan...

Membuat scara utuh mungkin belum gan. Tetapi kontribusi Kampoong Monster ada kok di project Gooseberry ini :)

Poskan Komentar