[Ubuntu] Tips: Cara Mudah Mengubah Ukuran (Resize) Jendela di Gnome

Pada kesempatan yang singkat ini saya ingin berbagi tips cara mudah mengubah ukuran (resize) jendela di lingkungan desktop Gnome. Tips ini sudah berhasil saya coba di Ubuntu Maverick, seharusnya tips ini juga bisa diaplikasikan pada distribusi Linux yang lain.


Cara pertama: Tombol ALT + Tombol tengah mouse
Taruh kursor di jendela yang akan di-resize kemudian tekan dan tahan tombol ALT, seketika itu juga kursor akan berubah menjadi simbol resize (lihat gambar di atas), klik dan seret (drag) untuk mengubah ukuran jendela sesuai kebutuhan.

Cara kedua: Tombol ALT + F8
Kombinasi tombol ALT + F8 adalah shortcut untuk mengubah ukuran (resize) jendela. Letakkan fokus pada jendela yang akan di-resize kemudian tekan dan tahan tombol ALT, lalu diikuti tombol F8. Seketika itu juga, jendela akan berada pada modus resize, gunakan tombol panah di papan ketik untuk mengubah ukuran baik itu secara vertikal maupun horizontal, jika sudah selesai tekan tombol Enter untuk menerapkan.

Buat sendiri shortcut-mu
Jika kalian ingin mengubah shortcut bawaan yang sudah dijelaskan di atas, gunakan CCSM (CompizConfig Settings Manager)! Jika kalian belum menginstal CCSM, ketik perintah berikut untuk menginstal:
sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
Buka CCSM via "System > Preferences > CompizConfig Settings Manager", ketika jendela CCSM terbuka, silakan menuju ke "Window Management" lalu pilih "Resize Window" (lihat gambar di bawah).


Pada tab "Bindings" silakan atur shortcut kamu sesuai selera dengan meng-klik tombol tepat di sebelah "Initiate Window Resize".



Selamat mencoba.

0 comments :

Poskan Komentar