[Ubuntu] Panduan Membuat Tema Plymouth (Bagian 2)

Pada artikel bagian 1, kita sudah mengetahui cara menginstal dan melihat preview dari tema plymouth yang sedang aktif. Pada bagian 2 ini, saya ingin melanjutkan dengan debugging. Mungkin di antara teman-teman ada yang bertanya mengapa debugging ditulis di bagian awal?? Debugging sengaja saya tulis di bagian awal karena membuat tema plymouth bukanlah hal yang mudah, kalian pasti akan menemui kesalahan yang dibuat pada saat coding. Nah, kesalahan yang ada dapat ditemukan dengan debugging, jadi peluang "stress" dan frustasi karena tema yang dibuat tidak bisa berjalan bisa dikurangi :D.

Baiklah, untuk melakukan debugging pada tema plymouth yang sedang aktif dapat dilakukan dengan perintah berikut:
sudo plymouthd --debug --debug-file=/tmp/plymouth-debug; sudo  plymouth --show-splash; for ((I=0; I<10; I++)); do sudo  plymouth --update=test$I ; sleep 1; done; sudo plymouth quit
File keluaran proses debugging berada di folder "/tmp" dengan nama "plymouth-debug", jika tema plymouth bermasalah buka file tersebut untuk dianalisa dengan perintah:
sudo gedit /tmp/plymouth-debug
Nah, aplikasi gedit akan terbuka dan menampilkan isi file "plymouth-debug". Analisa isi file tersebut dan cari statement yang semisal dengan:
Parser error "/lib/plymouth/themes/mytheme/mytheme.script" L:5 C:37 : Expected ';' after an expression
Pesan di atas menandakan kalian kurang menambahkan tanda ";" pada baris ke-5, kolom ke-37.

Berlanjut ke bagian 3.

0 comments :

Poskan Komentar