[Ubuntu] Compiz Trick: Shift Switcher

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi info kepada teman-teman mengenai apa itu "Shift Switcher" dan bagaimana cara aktivasinya. Mungkin banyak dari teman-teman yang sudah mengetahui trik (tips) ini, namun sengaja saya tulis agar yang belum tahu menjadi tahu dan menjadi review bagi yang sudah tahu.


Aktivasi Plugin "Shift Swicther"
Buka CCSM dengan meng-klik menu "System > Preferences > CompizConfig Settings Manager" kemudian pada panel sebelah kiri pilih "Window Management".


Pada panel sebelah kanan beri centang pada "Shift Swicther".

Konfigurasi
Klik pada bagian "Shift Switcher", pada tab "Key bindings" perhatikan simbol keyboard dengan tulisan "Next Window" di sebelah kanannya.


Klik tombol di sebelah kanan tulisan "Next Window" sehingga muncul jendela seperti gambar di bawah ini:


Beri centang pada tulisan "Enabled" kemudian klik "Grab key combination". Tentukan shortcut yang kalian kehendaki untuk mengaktifkan "Shift Swicther". Saya menggunakan "Alt + Tab". Klik "OK" jika sudah selesai.

Kemungkinan besar kalian akan menjumpai pesan "konflik shortcut", matikan saja shortcut yang bukan untuk "Shift Switcher".

Jika semuanya berjalan dengan lancar, seharusnya kalian sudah bisa menikmati efek "Shift Switcher" dengan menekan "Alt + Tab" pada keyboard. Untuk setingan yang lain, silakan coba-coba sendiri untuk mengasah kemampuan ber-Linux kalian, jika ada pertanyaan bisa ditulis di komentar.

Selamat mencoba.

0 comments :

Poskan Komentar