[Ubuntu] Compiz Trick: Membuat Menu Menjadi Transparan

Compiz merupakan fitur "Windows killer" di sistem operasi Linux. Dengan Compiz, kita bisa menghadirkan efek dan animasi yang menarik di desktop. Ditambah lagi dengan adanya CompizConfig Settings Manager atau yang lebih dikenal dengan CCSM yang merupakan pusat pengaturan Compiz di Linux. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberi trik kepada teman-teman mengenai cara membuat menu menjadi transparan lewat CCSM.


Pertama kali instal dulu CompizConfig Settings Manager dengan cara ketik perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
Setelah proses instalasi selesai, buka CompizConfig Settings Manager dengan cara "System > Preferences > CompizConfig Settings Manager" kemudian menuju ke bagian "Accessibility" dan beri centang pada "Opacity, Brightness, and Saturation". Lihat gambar di bawah (klik untuk memperbesar):


Kemudian klik pada "Opacity, Brightness, and Saturation", pilih tab "Opacity" , pada kotak "Window specific settings" klik tombol "New" dan isi sedemikian rupa sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini:


Kalian bisa mengubah "Window values" sesuai selera, semakin kecil angka maka menu akan semakin transparan. Jika sudah selesai mengedit klik tombol "Close". That's all.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

5 comments :

Anonim mengatakan...

Thanks to you

hok00age mengatakan...

@Anonim: My pleasure ...

Anonim mengatakan...

gan menu desktop ane ga bisa transparan..
Udah ane ikutin step by step until close and.... Nothing change
tulong ane dong gan, thanks

hok00age mengatakan...

@Anonim: Harap periksa ulang gan, atau sertakan kira2 pesan error aja yang terjadi. Kami tidak dapat membantu kalau tidak ada penjelasan rinci mengenai kesalahan yang terjadi ...

Anonim mengatakan...

maaf gan ane salah persepsi, ane kira menu yang dimaksud sama dengan explorer di mikocok, maklum newbie gan..
Klo ingin explorer ubuntu jadi transparan, gmn caranya ya?
Btw transparan menunya sukses. Thanks gan..

Poskan Komentar