[Ubuntu] Lacak Laptop yang Hilang dengan Prey

Laptop atau notebook sangat populer saat ini. Seiring dengan pesatnya perkembangan jumlah laptop yang beredar di pasaran, makin banyak pula kejahatan yang berkaitan dengan perkembangan tersebut, salah satunya adalah pencurian laptop. Pencurian bisa terjadi di mana saja, di rumah, di kos-kosan atau di tempat lain. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info mengenai aplikasi yang bisa melacak keberadaan laptop yang dicuri.


Aplikasi tersebut bernama Prey. Aplikasi ini bisa melacak posisi laptop teman-teman ketika laptop terhubung dengan Internet dan memberikan laporan berupa peta lokasi keberadaan laptop. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik di sini.

Proses Instalasi:
Untuk menginstal Prey, kita harus men-download file *.deb yang bisa didapatkan di sini. Setelah proses download selesai, klik ganda pada file untuk menginstalnya.

Proses Konfigurasi:
Jika Prey sudah terinstal, lakukan konfigurasi dengan memilih menu "Applications > System Tools > Prey Configurator" sehingga muncul jendela seperti gambar pertama di atas. Klik "OK" sehingga muncul gambar di bawah ini:


Beri tanda centang pada "Enable guest account" dan "Wifi autoconnect", kemudian klik pada tab "Reporting mode" sehingga muncul jendela seperti gambar di bawah ini:


Pilih "Prey + Control Panel (Recommended)" kemudian klik "Forward" untuk melanjutkan konfigurasi.


Pilih "New user" kemudian klik "Forward".


Isi formulir yang disediakan untuk mendaftar. Kemudian klik "Apply" untuk memproses. Jika proses konfigurasi berjalan dengan lancar, kalian akan mendapatkan e-mail untuk konfirmasi dan mengaktifkan akun.

Apa yang harus dilakukan ketika laptop dicuri?
Jika laptop dicuri, kalian bisa melaporkannya ke situs Prey. Caranya, kunjungi situs Prey kemudian login dengan akun kalian dan aktifkan pilihan "Missing" (lihat gambar di bawah)


Klik "Save changes" dan tunggu beberapa saat sehingga kalian mendapatkan email mengenai laporan keberadaan laptop yang dicuri.

Catatan: Saya belum mencoba Prey secara langsung, jadi gunakan dengan resiko ditanggung sendiri.

Semoga bermanfaat.

1 comments :

fajrin mengatakan...

trimakasih tipsnya :D

Poskan Komentar