[Ubuntu] Tema Plymouth MIB untuk Ubuntu

Plymouth adalah suatu komponen dalam sistem operasi Linux modern yang mampu menampilkan animasi yang menarik ketika melakukan proses booting. Atau dengan kata lain Plymouth adalah semacam bootsplash untuk Linux. Plymouth mendukung penggantian tema, dan di Ubuntu sendiri terdapat berbagai macam tema di repository (silakan cari lewat Synaptic). Nah, pada kesempatan kali ini TahuTEK.net akan berbagi info yang didapat dari WebUpd8. Info tersebut adalah tema Plymouth yang bernama MIB.


Tema ini sebenarnya adalah tema yang bernama MIB-Ossigeno yang dibuat untuk Mandriva 2010.1. Namun, sudah dimodifikasi logo dan background-nya agar serasi dengan Ubuntu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tema MIB ini silakan klik di sini.

Proses instalasi:
Download dulu tema Plymouth MIB di sini. Taruh file yang sudah di-download di desktop.


Klik kanan pada file, dan pilih "Extract Here" sehingga muncul folder baru dengan nama "MIB-Ubuntu".


Kemudian, buka Terminal dan ketik:
cd ~/Desktop
sudo cp -R MIB-Ubuntu/ /lib/plymouth/themes/
sudo update-alternatives --install /lib/plymouth/themes/default.plymouth default.plymouth /lib/plymouth/themes/MIB-Ubuntu/MIB-Ubuntu.plymouth 100
sudo update-alternatives --config default.plymouth  #pada bagian ini kalian akan diminta untuk memilih tema yang akan digunakan
sudo update-initramfs -u
Jika semuanya berjalan dengan lancar, restart komputer dan berdoa semoga tema Plymouth yang baru sudah dapat kalian nikmati.

Sekedar untuk menambah daya tarik, ada baiknya kalian melihat video yang satu ini.


Selain untuk Ubuntu, tema MIB juga tersedia untuk Kubuntu dan Xubuntu, silakan klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Selamat mencoba.

0 comments :

Poskan Komentar