[Ubuntu] Instal Tema Plymouth "Sajadah" di Ubuntu via PPA

Memang bulan Ramadhan selalu identik dengan hal-hal yang bernuansa Islami. Mulai dari tayangan sinetron (padahal gak pernah nonton, he he he), banyak ceramah-ceramah, bahkan cara berpakain beberapa orang menjadi berbeda di bulan Ramadhan. Nah, saya juga tidak mau kalah, saya ingin berbagi info cara menginstal tema plymouth (baca: bootscreen) Sajadah di Ubuntu.


Sajadah adalah varian dari BlankOn Linux yang memberi nuansa Islami pada komputer kita. Selain artwork, Sajadah juga hadir dengan aplikasi-aplikasi lain yang bernuansa Islami seperti Zekr, Thawab, QiOO, dan lain-lain.

Untuk menginstal tema plymouth Sajadah di Ubuntu, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Buka Terminal dan ketik:
sudo add-apt-repository ppa:tldm217/blankonize
sudo apt-get update
sudo apt-get install sajadah-plymouth-theme
Sedangkan bagi teman-teman yang tidak punya koneksi Internet, klik di sini untuk cara men-download manual dari PPA.

Setelah instalasi selesai, aktifkan tema plymouth Sajadah, dengan mengetik beberapa perintah berikut ini di Terminal:
sudo update-alternatives --config default.plymouth
Maka kalian akan dihadapkan pada pertanyaan seperti gambar di bawah ini:


Pada gambar di atas, Sajadah mempunyai nomor "2", jadi ketik angka "2" kemudian tekan "Enter" (sesuaikan dengan kondisi kalian). Kemudian, jika tidak ada pesan error ketik perintah di bawah ini di Terminal:
sudo update-initramfs -u
Tunggu beberapa saat, dan jika sudah selesai, restart komputer untuk melihat apakah tema plymouth Sajadah sudah aktif atau belum.

Selamat mencoba.

2 comments :

Anonim mengatakan...

aku sudah lakukan seperti langkah diatas dan tidak ada error, setelah restart ga ada perubahan ? salahnya aku dimana ya?

hok00age mengatakan...

@Kemungkinan Anda salah dalam memilih tema yang akan diaktifkn pada pilihan yang muncul. Pada artikel ini ditulis nomor "2", bisa jadi punya Anda berlainan dengan ini... Semoga berhasil...

Poskan Komentar