[Ubuntu] Ekstensi Pengeja Bahasa Indonesia untuk OpenOffice.org

Bagi teman-teman yang sering membuat dokumen resmi, seperti laporan praktikum, tugas kuliah, dan lain-lain, pasti harus jeli dengan ejaan kata yang dipakai dalam dokumen tersebut. Salah satu huruf saja bisa jadi kita disuruh mencetak ulang. Nah, untuk meminimalisasi kesalahan ini saya mau berbagi sedikit info tentang ekstensi pengeja Bahasa Indonesia untuk OpenOffice.org.


Ekstensi yang dibuat oleh Ammar Shadiq (UPI-LIPI Bandung) ini sangat bermanfaat bagi kita yang sering membuat dokumen berbahasa Indonesia. Ketika ada kata yang salah ketik, maka secara otomatis akan muncul tanda garis merah tipis berkelok-kelok di bawahnya (wah, maksudnya apa ini!!!!!). Berikut panduan instalasi dan konfigurasi dari ekstensi ini.

Proses instalasi:
Pertama, download dulu ekstensinya di sini.
Kedua, buka OpenOffice.org, pilih "Tools > Extension Manager ..." sehingga muncul gambar di bawah ini:


Kemudian, klik "Add..." dan cari file yang sudah kalian download tadi. Nah, jika tidak ada pesan error berarti proses instalasi sudah selesai. Jangan lupa untuk me-restart OpenOffice.org.

Konfigurasi:
Masih di OpenOffice.org, buka "Tools > Options ...", kemudian pilih "Language Settings > Languages" dan atur sedemikian rupa sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini (klik untuk memperbesar):


Jika sudah selesai mencontek klik "OK".

Semoga bermanfaat.

0 comments :

Poskan Komentar