[Ubuntu] gBilling dan SnakeBite Hadir di PPA TahuTEK.net

gBilling dan SnakeBite adalah dua aplikasi billing untuk warung internet (warnet). Dua aplikasi ini dibuat oleh anak bangsa Indonesia, khusus untuk SnakeBite belum ada binary yang tersedia jadi saya membuat versi *.deb-nya dan meng-upload ke PPA TahuTEK.net. Sedangkan untuk gBilling sudah ada versi binary-nya, namun untuk memudahkan proses instalasi dan update jika ada perubahan dari sang pembuat aplikasi ini, maka saya juga menyertakan gBilling di PPA TahuTEK.net.


Sebagaimana dapat dilihat pada gambar di atas, tampaknya gBilling dan SnakeBite tidak jauh berbeda. Sayangnya, saya tidak mempunyai usaha warnet dan tidak bisa mendapatkan dokumentasi yang valid mengenai SnakeBite. Jadi, bagi para pengusaha warnet silakan coba masing-masing aplikasi billing ini dan beri saya info mengenai pengalaman teman-teman memakai salah satu aplikasi ini. Sedangkan untuk informasi mengenai gBilling dapat dilihat di sini, dan bagi teman-teman yang mempunyai informasi yang valid tentang SnakeBite tolong beritahu saya.

Untuk menginstal gBilling atau SnakeBite bisa mudah dilakukan dengan cara menambahkan PPA dari TahuTEK.net
sudo add-apt-repository ppa:tldm217/tahutek.net
sudo apt-get update
Untuk menginstal gBilling server:
sudo apt-get install gbilling-server
Untuk menginstal gBilling client:
sudo apt-get install gbilling-client
Sedangkan untuk menginstal SnakeBite server:
sudo apt-get install snakebite-server
SnakeBite client:
sudo apt-get install snakebite-client

Semoga bermanfaat.

Mungkin kalian juga tertarik membaca tentang aplikasi lain yang berada di PPA TahuTEK.net yaitu gKamus.

7 comments :

hafnic mengatakan...

makasih mas,sangat membantu. installasi dan seting bisa cepat dan mudah. tapi ada masalah ni mas.kalo compiz saya aktif,startscreen gbilling ga bisa ngelock. gnome menunya muncul,jadi bisa langsung ngenet tanpa login. mohon pencerahannya.

hok00age mengatakan...

Sayang sekali bro, saya bukan developer aplikasi ini, jadi tidak bisa memberikan solusi secara teknis. Dan saya juga tidak memiliki komputer yang terkoneksi ke jaringan lokal, jadi tidak bisa bereksprerimen.

Trik: (masih dalam pencarian)
Jika anda perhatikan ketika kita membuka synaptic package manager, maka akan muncul jendela untuk memasukkan password, dan ketika jendela itu muncul maka layar akan sedikit gelap dan jendela yang lain tidak bisa diklik. Ini trik yang baru saya cari jawabannya (sudah kuoprek ccsm tpi gak bisa juga), dan saya pikir bisa diaplikasikan untuk gbilling. Saya juga sudah melempar pertanyaan ini di Ubuntuforums, biar banyak yang mikir jadi cepet ketemu jawabannya.............

Harap sabar menunggu, dan untuk sementara matikan saja COmpiznya sampai ada solusi..........

hafnic mengatakan...

ya gitu,sementara emg saya matiin compiznya.di settingan compiz bisa diatur ga ya?udah tak coba2 sih,tapi sama aja.. sayang juga sih,pengenya kasih tau user awam biar pada takjub liat efek2 di ubuntu ga kalah ma 'jendelas' T.T.. Hidup Open Source!

hok00age mengatakan...

Sebenarnya masih ada trik lagi bro.......
Command untuk men-disable compiz adalah metacity --replace
Command untuk men-enable compiz adalah compiz --replace

Atur sedemikan rupa sehingga user yang login dalam keadaan compiz disable, sehingga gBilling bisa ngelock gnome-panel, nah kemudian kita buat shell script yang kita integrasikan dengan aplikasi favorit user ketika ngenet misal firefox, maka file scriptnya kurang lebih seperti ini:

#!/bin/bash
compiz --replace &
firefox

Nah, ketika script tersebut dijalankan, maka pertama compiz akan dijalankan di background (tanda "&" menunjukkan compiz dijalankan di background) dan sesaat kemudian firefox akan dibuka. Namun, efek negatif yang akan dirasakan user adalah layar akan berkedip atau blank untuk sementara ketika compiz dinyalakan....

hafnic mengatakan...

txs bro,nais inpo dah.coba ntar tak utakatik. Bravo Open Source!

Anonim mengatakan...

ada yg tau cara login snakebite server pada ubuntu?

hok00age mengatakan...

@Anonim: Silakan pake gBilling aja gan, Snakebite kayaknya sudah tidak update lagi:

http://www.tahutek.net/2011/03/ubuntu-update-gbilling-versi-032-telah.html

Poskan Komentar