[Ubuntu] Cara Me-reset Semua Setting pada GNOME Desktop

Ubuntu datang dengan GNOME sebagai manajer desktop. GNOME mengatur tampilan desktop, panel (taskbar), wallpaper, dekorasi jendela, pengaturan multimedia dan lain-lain. Sebagaimana kita ketahui, Ubuntu memberi kebebasan kepada para penggunanya untuk mengubah atau memodifikasi hampir seluruh komponen dari GNOME desktop terutama dengan tool yang bernama "Gconf-Editor". Namun, adakalanya kita mengubah setting komponen yang berakibat fatal jika terjadi kesalahan, seperti tidak bisa login, panel tidak muncul, beberapa aplikasi tidak bisa dijalankan, dan lain-lain. Sekarang saya ingin berbagi info kepada teman-teman tentang bagaimana me-reset GNOME desktop ketika sistem berjalan tidak sebagaimana mestinya.


Untuk mengembalikan setting GNOME ke bentuk semula, ketik perintah di bawah ini pada terminal:
rm -rf .gnome .gnome2 .gconf .gconfd .metacity
Perintah di atas akan menghapus semua file konfigurasi GNOME desktop (sebagaimana kita ketahui, di Linux semuanya berupa file) dan ketika kita login kembali maka kita akan dihadapkan dengan desktop yang sama ketika kita baru selesai install Ubuntu.

Catatan: Cara ini hanya bisa mengatasi masalah-masalah tertentu saja, masalah mengenai video card, X-Server tidak bisa diselesaikan dengan cara ini.

0 comments :

Poskan Komentar