TIps Blogger: Tampilkan Artikel Terkait dengan nRelate

Mmm, pada malam hari ini saya ingin menulis tema yang lain dari biasanya. Jika biasanya saya menulis tentang Ubuntu, opensource, dan semisalnya, pada kesempatan kali ini saya ingin menjajaki tema lain yaitu blogging. Mungkin ke depannya nanti, saya juga akan menulis tema lain yang masih berkaitan dengan dunia teknologi. Mmm, siapa tahu, intinya saya ingin mendokumentasikan pengetahuan dan pengalaman saya agar mudah dibaca ulang ketika saya lupa dan semoga saja teman-teman bisa mengambil manfaat dari tulisan yang saya posting di sini :)

Teruntuk teman-teman sesama blogger, saya ingin memberi info bagaimana menampilkan related post alias artikel terkait di blogspot. Mungkin selama ini kita sudah mengenal LinkWithin, namun entah apa sebabnya - menurut saya - LinkWithin tidak bekerja sebagaimana mestinya, dia terus menerus menampilkan postingan yang sama bahkan tidak ada kaitannya sama sekali dengan postingan yang dibaca. Bahkan postingan yang muncul adalah postingan yang cukup lama (sekitar tahun 2010). Menurut saya LinkWithin tidak melakukan crawling lagi di TahuTEK.net untuk mendapatkan artikel yang baru. Tadinya saya kira LinkWithin membutuhkan waktu beberapa hari, namun setelah saya tunggu, kelihatannya tidak ada perubahan. Akhirnya saya googling di Yahoo :D dan menemukan alternatif lain yang lebih bagus - menurut saya - daripada Linkwithin. Perkenalkan nRelate!


First Impression!
Baru beberapa jam saya memasang widget nRelate, saya sudah cukup optimis widget ini akan bekerja sebagaimana yang saya inginkan. Sebagai contoh ketika saya membaca postingan yang berjudu "Video: Tears of Steel, Film Resmi Keluaran Blender" maka nRelate akan menyuguhkan artikel yang terkait dengan animasi, blender, dan video (sebagaimana yang bisa dilihat pada gambar di atas).

Panel Kontrol yang Terintegrasi
Jika kalian sudah menginstal widget ini - mungkin butuh beberapa jam setelah memasang kode di blog - , maka cukup akses halaman "https://partners.nrelate.com/blogger/settings" untuk melakukan konfigurasi.


Pada panel kontrol ini, kalian bisa mengatur apakah ingin menampilkan thumbnail, ukuran thumbnail, banyaknya postingan yang ingin ditampilkan, dan lain-lain.

Tertarik?
Jika kalian tertarik ingin menggunakan layanan ini, silakan klik di sini untuk mendaftar. Setelah pendaftaran selesai, silakan login lalu klik "Install > Blogger" lalu ikuti petunjuk di layar.


Semoga bermanfaat :)

0 comments :

Poskan Komentar