Solusi untuk Pesan Error: "E: The package NAMA needs to be reinstalled, but I can’t find an archive for it"

Pagi tadi saya menginstal VLC Media Player yang tanpa sengaja saya hapus kemarin malam. Saya lupa kalau baterai laptop saya hampir habis dan hasilnya adalah komputer mati ketika tengah menginstal VLC di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot yang saya pakai. Lalu saya menghidupkan laptop lagi setelah mencolokkan charger-nya. Dan ketika saya ingin melanjutkan proses instalasi yang belum selesai, muncul pesan kesalahan dan saya diberi sugesti untuk menjalankan perintah "sudo dpkg --configure -a", sayapun menjalankan perintah tersebut dan berhasil. Namun, masih ada satu masalah lagi yaitu APT tidak dapat digunakan baik itu untuk meng-update, menghapus, atau menginstal aplikasi. Pesan error-nya adalah "E: The package vlc needs to be reinstalled, but I can't find an archive for it.".


Wah, bertahun-tahun menggunakan Linux baru melihat pesan error ini. Alhamdulillah, dengan mengkopi pesan error dan mem-paste di Google, saya langsung dapat solusinya.


Langsung saja saya klik situs yang muncul di urutan pertama Google, dan solusinya adalah:
sudo dpkg --remove --force-remove-reinstreq NAMA
Tidak lupa saya mengganti "NAMA" dengan "vlc" karena aplikasi yang bikin error adalah VLC sehingga perintahnya menjadi:
sudo dpkg --remove --force-remove-reinstreq vlc
Lalu saya instal lagi VLC dengan perintah seperti biasanya:
sudo apt-get install vlc
Berhasil! APT sudah berfungsi dengan normal lagi.

Pelajaran apa yang bisa diambil?
Cari di Google dulu baru bertanya! Caranya adalah mengamati pesan error yang muncul, mengkopi kemudian mem-paste ke Google, lalu buka blog atau situs yang sudah membahasnya :)

Semoga bermanfaat.

9 comments :

Lukman Hakim mengatakan...

dapet ilmu lagi ..
makasih Gan ..

I Putu Wahyudi Sucipta mengatakan...

yeah,,google always work.. :D
true story..

Damar Riyadi mengatakan...

Sip, sama-sama gan. Semoga bermanfaat :)

Damar Riyadi mengatakan...

I agree with you :D

fanoy mengatakan...

gan, gw mau tanya tapi ga berhubungan sama postingan ini :D
1. compiz, gw sekarang pakai 12.04 beta 1. sejak Ubuntu menjadikan unity sebagai default, plugin compiz - opacify kok ga berfungsi. apakah memang ga berfungsi di Unity atau error?
2. di dash Unity 2D scrollnya halus banget, tapi di Unity 3D scrollnya kaku. itu emang udah dari Ubuntunya, yang mau gw tanyain bisa ga scrolling dan akses ke menu di dash unity 3D sehalus Unity 2D.

Damar Riyadi mengatakan...

Sayang sekali gan, saya malah belum mencoba Ubuntu 12.04 jadi belum bisa memberi sugesti.

Muhamad Fajar mengatakan...

nomer 2 kayaknya sih karena di Unity 3D tuh butuh accelerated graphics (Compositing) yg lumayan makan bayak memory cpu, jadi beban cpu agak lambat alhasil scrollnya jadi kaku gitu... klo Unity 2D gapake accelerated graphics (Compositing) trus basisnya juga cuma pake QT doang makanya lancar dan ga makan bayak memory cpu, unity 3d kan ditambah compiz (tp bukan QT, melainkan C++) juga perlu OpenGL support, makin berat deh kerjanya cpu.

Muhamad Fajar mengatakan...

 tambahan gan, itu nmer 2 di ubuntu 12.04 juga kan? klo iya, siapa tau itu bug gan, namanya aja beta, masih belum stabil banget system-nya gan, apalagi beta 1 masih jauh ke final release gan, ntar kan ada beta 2 :)

bayu hidayat mengatakan...

saya memiliki masalah seperti diatas setelah menginstal prozgui, mohon bantuannya

Poskan Komentar