Indonesia Open Source Award 2012

Kementrian Kominfo untuk ketiga kalinya akan memberikan penghargaan Indonesia Open Source Award 2012. Pada tahun 2012 ini, Kominfo tidak hanya memberikan penghargaan kepada sejumlah Pemda dan lembaga pendidikan yang dianggap baik menerapkan Open Source dalam sistem komputerisasi kepemerintahan dalam mendukung e-government, maka untuk tahun 2012 ini tidak hanya diberikan kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah, mahasiswa perguruan tinggi, namun juga kepada tokoh, komunitas, dan wartawan atas prestasi atau karyanya yang terkait penggunaan peranti lunak Open Source di Indonesia.
Jakarta, 13 Maret 2012.
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia akan memberikan penghargaan "Indonesia Open Source Award" IOSA 2012 kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah, mahasiswa perguruan tinggi, tokoh, komunitas, dan wartawan atas prestasi atau karyanya yang terkait penggunaan peranti lunak Open Source di Indonesia. Penganugerahan IOSA 2012 yang akan dilaksanakan pada 4 Juli 2012 ini didukung Kementerian Ristek, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asosiasi Open Source Indonesia dan komunitas Open Source Indonesia lainnya. Hal itu dinyatakan Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Ashwin Sasongko di kantor Kementerian Kominfo Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat pada Selasa 13 Maret 2012.

Award ini dibagi menjadi tujuh kategori penghargaan:
Pemerintah Pusat yang akan diberi penghargaan adalah kementerian atau lembaga pemerintah non kementerian (K/L) yang telah memanfaatkan produk-produk berbasis Open Source paling tidak selama satu tahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012). Institusi yang dinilai harus mewakili K/L, misalnya seksi, bagian, bidang, kantor, dinas, pusat, biro atau sejenis yang terkait dengan pengelolaan data elektronik atau teknologi/sistem informasi di K/L tersebut.

Pemerintah Daerah yang akan diberi penghargaan adalah pemerintah daerah (pemda) provinsi atau kabupaten atau kota yang telah memanfaatkan produk-produk berbasis Open Source paling tidak selama satu tahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012). Institusi yang dinilai harus mewakili pemda prov/kab/kota, misalnya seksi, bagian, bidang, kantor, dinas, pusat, biro atau sejenis yang terkait dengan pengelolaan data elektronik atau teknologi/sistem informasi di pemda tersebut.

Sekolah yang akan diberi penghargaan adalah SMA atau MA atau SMK atau MAK yang telah memanfaatkan produk-produk berbasis Open Source paling tidak dalam satu tahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012) untuk salah satu atau lebih kegiatan ini: bahan pengajaran, laboratorium komputer, sistem informasi atau administrasi sekolah, aplikasi jaringan atau infrastruktur komputer sekolah, dan atau alat bantu pendidikan seperti e-learning, alat presentasi guru, dan sebagainya.

Mahasiswa yang akan diberi penghargaan adalah mahasiswa perorangan atau kelompok dari perguruan tinggi di Indonesia (akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut , dan universitas) yang telah menghasilkan karya terkait Open Source. Calon penerima penghargaan adalah mahasiswa yang sedang kuliah di tingkat berapa saja, dan mengajukan karya perorangan atau kelompok kepada panitia IOSA 2012. Karya mahasiswa dapat berbentuk software atau sistem komputer (hardware dan software), atau karya kreatif lain yang dihasilkan dengan memanfaatkan produk-produk Open Source seperti film, musik, animasi, grafika, dan sebagainya. Karya harus dilengkapi dokumentasi atau tulisan yang menjelaskan proses pembuatan dan penggunaan atau manfaat karya tersebut. Tiap mahasiswa atau kelompok mahasiswa dapat mengirimkan lebih dari satu karya yang direkomendasikan atau diberi surat pengantar oleh perguruan tinggi tempat kuliah saat ini.

Tokoh yang akan diberikan penghargaan adalah personal atau perorangan yang telah berjasa atau berkontribusi dalam pemanfaatan produk-produk Open Source di Indonesia selama paling tidak satu tahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012). Kontribusi ini bisa dalam bentuk sosialisasi, penggunaan atau implementasi, pengembangan, atau dukungan di berbagai bidang seperti pemerintahan, pendidikan, bisnis, LSM, dan/atau masyarakat umum. Calon penerima pengharagaan dapat diajukan oleh personal atau instansi/organisasi atau komunitas yang memiliki data atau informasi keaktifan tokoh tersebut.

Komunitas yang akan diberikan penghargaan adalah kelompok atau group yang telah aktif paling tidak selama satu tahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012) dalam sosialisasi, penggunaan atau implementasi, pengembangan, atau dukungan di berbagai bidang seperti pemerintahan, pendidikan, bisnis, LSM, dan/atau masyarakat umum. Contoh bentuk komunitas adalah KPLI (Kelompok atau Komunitas Pengguna Linux Indonesia) atau komunitas pengguna produk-produk Open Source lainnya, komunitas pengembang, komunitas pebisnis, dan bentuk komunitas Open Source lainnya. Wilayah dan jenis kegiatan komunitas dapat meliputi institusi pemerintahan, pendidikan, bisnis, LSM, masyarakat umum, dan lain-lain. Komunitas calon penerima penghargaan dapat diajukan oleh personal atau instansi/organisasi atau komunitas yang memiliki data atau informasi keaktifan komunitas tersebut.

Wartawan yang akan diberi penghargaan adalah personal atau kelompok wartawan yang telah menerbitkan tulisannya di media cetak nasional (majalah, tabloid, atau koran) atau media online selama kurun waktu setahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012). Wartawan calon penerima penghargaan harus mengirimkan bukti tulisan dalam bentuk hardcopy atau softcopy (file hasil scan dalam format jpg, png, atau pdf). Panjang tulisan minimal 400 kata atau 3.000 karakter (termasuk spasi). Tulisan dapat berbentuk feature, opini, atau kolom.

Informasi lebih lanjut: iosa.web.id

4 comments :

Guest mengatakan...

wah website-nya masih berantakan..

achmad fahrudin mengatakan...

itu kenapa seperti ada logo jendelanya ya???

Edi Kartono mengatakan...

Iya seperti ada gambar jendelanya, kenapa ada gambar itu ya?

Damar Riyadi mengatakan...

Mungkin Windows akan jadi open source gan :D

Poskan Komentar