[Ebook] Mudahnya Kompile Linux Kernel

Kernel merupakan inti dari sebuah sistem operasi. Di Linux sendiri, Kernel yang digunakan adalah kernel yang pertama kali ditulis (baca: dibuat) oleh Linus Torvalds dengan lisensi General Public License (GPL) dan kemudian dikembangkan oleh programmer seluruh dunia. Kernel merupakan komponen wajib yang harus disediakan oleh distribusi Linux yang kalian pakai. Namun, adakalanya versi Kernel bawaan distribusi sudah ketinggalan jaman alias kurang up-to-date dengan Kernel versi terbaru sebagaimana yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan orang saat ini bahwa Kernel 3.0 telah dirilis.


Salah satu cara untuk mendapatkan Kernel versi terbaru tanpa harus menunggu bawaan distribusi (baca: distro) adalah dengan mengkompile sendiri Kernel dari source code-nya. Perlu diketahui, meng-compile Kernel bukanlah hal yang sepele namun tetap bisa dilakukan asalkan dengan cara yang benar. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info mengenai ebook yang ditulis oleh Aditia A. Pratama, pengurus dari situs FOSSGrafis.com. Ebook tersebut berjudul "Mudahnya Kompile Linux Kernel" yang hanya terdiri dari lima halaman ringkas namun sangat praktis karena disusun step by step oleh penulisnya. Jadi, bagi teman-teman yang ingin "ngoprek" Kernel silakan baca ebook kecil ini.



Semoga bermanfaat.

12 comments :

asligresik mengatakan...

ijin download mas, tahnk's infonya

hok00age mengatakan...

@asligresik: Silakan mas ...

d0n mengatakan...

om! plus minusny update kernel tuh apa yah.....?
nyari penjelasan di google blom nemu jawaban yg pas...
sory nih banyakny bis dr pada sesat d jalan... :)

hok00age mengatakan...

@d0n: Plus: Versi lebih baru, lebih stabil, fitur baru, dukungan hardware (driver) bertambah, dll

Minus: Yang parah komputer gak bisa nyala dan harus diinstal ulang.

Saran: Lakukan compile manual jika Anda benar-benar membutuhkan misal ada hardware baru yang tidak terdeteksi jika memakai kernel lama atau semisalnya.

mabenten mengatakan...

thanks mas... artikelnya semua berguna banget..
MERDEKA!!

hok00age mengatakan...

@mabenten: sama-sama mas, terima kasih atas apresiasinya

MERDEKA!!

Pratama mengatakan...

ijin download gan

hok00age mengatakan...

@Pratama: Monggo gan, semoga bermanfaat ...

d0n mengatakan...

trims om... :)

hok00age mengatakan...

@don: sama-sama om :)

hidayahweb mengatakan...

linknya mati gan :)
ada link cadangan gak?

ane tunggu updatenya :D

hok00age mengatakan...

@hidayahweb: Artikel sudah saya tambahkan link alternatif, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kayaknya situs: files.tahutek.net kena serangan DoS sehingga overquota dalam setengah jam :hammer

Poskan Komentar